KabariNews – Produk berlabelkan halal semakin diminati di Amerika, seperti dikutip Associated Press, kini produk berlabelkan halal di dunia penjualannya mencapai setengah miliar dolar per tahun. Misalnya produk merek Saffron Road, yang merupakan produk halal pertama di Amerika, penjualannya diterima masyarakat luas di Amerika, bahkan produk tersebut banyak dijual di jaringan supermarket di Amerika.

Menurut ketua sertifikasi halal Adnan Durrani, ‘Amerika Halal’ merupakan induk perusahaan yang mengeluarkan merek Saffon Road. Karena banyaknya permintaan kini makanan bercap halal di Amerika semakin meningkat, bahkan bukan warga Muslim saja yang berminat membeli produk 100 persen alami, bebas antibiotik dan organik.

Adnan mengatakan kini sudah banyak supermarket di Amerika yang menyediakan produk-produk halal. “Jika dulu hanya supermarket di Prancis seperti Tesco, Sainburry, Metro dan Carrefour yang menjual produk halal, maka kini beberapa supermarket di Amerika juga melakukan hal serupa. Makanan halal bisa didapatkan di Wal-Mart, Costso, Shoprite, Super Value, Giant dan Whole Foods” katanya.

Whole Foods punya trik sendiri dalam memasarkannya. Semua produk berlabelkan halal dipajang di lorong khusus, bersama dengan produk-produk kosher. Begitu juga dengan jaringan McDonals dan Wal-Mart memperkenalkan produk halal di lokasi tertentu seperti di Dearborn dan Michigan, dimana permintaan produk halal sangat tinggi.

Makanan halal juga sudah banyak dijual di toko eceran, seperti toko ‘Bismillah Halal Meat Market’ yang dikelola Amanullah di Hyattville, Maryland.  Toko ini laris, karena menjual berbagai makanan halal lainnya, tetapi daging halal masih jadi bisnis utama. Setiap tiga hari sekali toko ini mendatangkan 70 ekor kambing dan domba, serta tujuh ekor sapi untuk disembelih sesuai syariat Islam. Menariknya, toko milik orang Pakistan ini punya pelanggan bukan hanya dari kalangan Muslim saja, tapi banyak juga pelanggan non-Muslim yang datang untuk membeli.