Ir. Ulupi Hastuti, MM, wanita dengan latar belakang Teknik Sipil, masih aktif sebagai kontraktor di HEKSA, dan juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum di DPP IWAPI & Waketum KICI (Komunitas Ibu Cerdas Indonesia), merenungi makna Hari Kartini dari perspektifnya yang unik.

Bagi Founder House of Pipie ini, Hari Kartini bukan hanya sebagai peringatan rutin, melainkan juga sebagai pengingat akan perjuangan seorang pahlawan wanita yang gigih memperjuangkan emansipasi dari kota kecil di Rembang/Jepara.

Dengan tekad yang kuat dan semangat yang membara, Ulupi mengukir jalannya dalam dunia Teknik Sipil dengan menyelesaikan pendidikan dan mengambil gelar master sesuai cita-cita Kartini untuk meraih pendidikan setinggi mungkin, menggugah pentingnya peningkatan pendidikan bagi wanita.

Sebagai seorang kontraktor bangunan, Ulupi menyadari bahwa dunia konstruksi mayoritas diisi oleh laki-laki.

Namun, hal ini tidak menyurutkan langkahnya. Baginya, pahlawan wanita sejati adalah Ibunda kandungnya yang telah memberikan bimbingan dan menjadi teladan dalam setiap langkah hidupnya.

Inspirasi Ulupi terletak pada keinginannya untuk memotivasi perempuan lain, agar percaya bahwa mereka mampu mengatasi segala kendala.

Melalui pesannya, “Be a talented woman,” penulis dari buku Senandung Rona & Dedaunan pada Busana Cantik ini ingin mendorong semua perempuan untuk mengejar impian mereka tanpa kenal lelah, terutama dalam menghadapi tantangan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari urusan sandang, pangan, hingga papan.

Sumver foto: Istimewa

Baca Juga: