Kebersihan mulut wajib dijaga agar tetap sehat. Dokter menganjurkan untuk menggosok gigi 2 kali dalam sehari, dimana gosok gigi adalah salah satu cara untuk menghindarkan bakteri dalam mulut berkembang karena sisa makanan. Bayangkan, berapa banyak bakteri yang bersarang jika tidak dibersihkan setiap harinya?

Malas membersihkan mulut tidak hanya merugikan bagian mulut dan gigi saja, tapi juga seluruh tubuh. Ingin tahu apa saja penyakit yang bisa diderita karena malas menggosok gigi, berikut ulasannya.

Penyumbatan pembuluh darah

Malasnya menggosok gigi dapat menyebabkan plak yang semakin lama semakin menempel di dinding pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah agak tersendat, bahkan terhenti sepenuhnya.

Stroke

Masih berhubungan dengan masalah darah tersumbat. Aliran darah ke otak pun terganggu. Hal tersebut berdampak pada kurangnya asupan oksigen ke otak yang dapat menyebabkan stroke.

Gigi berlubang

Bakteri dan kuman yang jarang dibersihkan tentunya merugikan. Kumpulan bakteri itulah yang menyebabkan gigi berlubang. Rasanya sakitnya tidak bisa diungkapkan, apalagi jika ada makanan yang menyumbat lubang, rasa sakitnya bisa dua kali lipat.

Pendarahan gusi

Mulut yang kotor juga dapat menyebabkan infeksi pada jaringan dan tulang yang mendukung gigi. Gusi rentan berdarah dan terkontaminasi bakteri sehingga menyebabkan infeksi.

Ludwig’s angina

Ludwig’s angina adalah infeksi pada jaringan ikat dasar mulut yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit tersebut cukup mematikan dan memiliki sifat mencekik.

Abses otak

Kurangnya memperhatikan kebersihan mulut dapat memicu abses otak yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur. Abses otak adalah kumpulan nanah yang terbungkus oleh kabsul dalam jaringan otak.

Selulit wajah

Penyakit yang bisa mengancam adalah selulit wajah, kondisi ini terjadi akibat infeksi bakteri pada kulit

Tak hanya penyakit diatas saja, karena infeksi yang terjadi di mulut akibat bakteri pun dapat menyebabkan beberapa penyakit mematikan lainnya, seperti jantung, paru-paru, infeksi rahang, pneumonia, sepsis dan kanker mulut. Jangan biarkan penyakit mengancam kesehatan Anda, jadi mulailah menjaga kebersihan mulut dan rajin menggosok gigi agar tetap sehat.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55673

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :