Tahukah Anda bahwa suara dapat digunakan untuk penyembuhan? Yup itu benar, Jika Anda sedang mencari cara untuk rileks dan menghilangkan stres, terapi suara mungkin jawabannya. Mengingat segala sesuatu, termasuk diri kita sendiri, memiliki frekuensi getaran, wajar jika frekuensi suara memengaruhi emosi kita.

Sound healing adalah bidang pengobatan alternatif yang berkembang yang telah ada selama ribuan tahun. Sound healing telah digunakan sepanjang sejarah untuk menciptakan efek positif pada suasana hati kita dan sebagai bentuk terapi untuk menyembuhkan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Nah, mari kita pelajari lebih lanjut tentang terapi alternatif ini dari manfaat,  kegunaan, sanmpai siapa saja yang bisa ikut, bersama  Shierilla Pritha Eliza yang merupakan Certified Sound Healer & Founder of Bodhiverse Indonesia.

Shierilla mengatakan sound healing adalah sebuah meditasi dengan menggunakan suara sebagai penyembuhan, kita mendengarkan suara tentunya memiliki keterhubungan dengan emosi kita secara lebih mendalam, contohnya jika kita mendengarkan suara alam seperti suara – suara di laut, suara air danau atau suara – suara burung itu akan mendekatkan kita kepada alam dan itu akan membawa kita kepada ketenangan.

“Begitu juga dengan kita menggunakan sound bowl sebagai media sound healing. Kita mendengarkan suara singing bowl itu akan membawa kita untuk kembali ke dalam baik ke dalam diri, ketika kita membunyikan singing bowl kita merasa seperti berada disebuah kuil dimana kuil itu akan selalu membawa kita kepada keheningan yang mendalam,” tuturnya kepada KABARI.

Suara harmoni seperti suara alam kemudian suara singing bowl itu akan berpengaruh di dalam diri kita dimana tubuh kita terdiri dari 90 persen air setiap organ di dalam tubuh memiliki air, dan air adalah media penghantar suara yang paling cepat dibandingkan dengan udara dimana ketika tubuh kita di hantarkan oleh frekuensi – frekuensi suara yang dihasilkan oleh singing bowl maka frekuensi ini akan membawa tubuh kepada getaran yang sama dengan getaran alam.

Dan itu adalah getaran yang akan menyembuhkan tubuh secara alamiah dan kenapa tubuh kita merespon begitu cepat artinya selain daripada karena tubuh adalah sebagian besar air itu juga disebabkan oleh syaraf otak yang memang merespon frekuensi dari suara – suara itu dengan begitu cepatnya dan impuls dari syaraf itu akan membawa tubuh disebarkan berbagai informasi keseluruh tubuh kita untuk menyebarkan hormon penyembuhan seperti seretomin,  glupamin, endorphin, dimana suara- suara itu akan membawa tubuh kita menuju pada rileksasi dan  ketika tubuh kita didalam badan relaksasi tubuh kita akan memberikan respon dengan memberikan kita hormon-hormon penyembuhan tersebut yang memang hanya bisa didapatkan ketika merasakan ketenangan yang lebih dalam.

Yang bisa diterapi dengan Sound healing

Shierilla menjelaskan semua orang bisa mengikuti sound healing tetapi memang ada batasan usia yang memang direkomendasikan terutama usia 16 tahun hingga ke level yang tak terhingga hingga mungkin 100 tahun masih boleh.

Akan tetapi ada juga yang memang tidak bisa atau tidak disarankan terapi dengan menggunakan singing bowl salah satunya adalah penderita penyakit jantung yang memiliki pen ataupun memasang alat di dalam jantung karena besi yang didapat dalam jantung itu akan meresonasi dengan suara yang didengarkan oleh singing bowl dan ketika kita melakukan terapi selalu meletakan singing bowl di tubuh pasien sehingga akan cukup berbahaya apabila getaran tersebut begitu keras berkenaan dengan jantung.

Selain itu ada juga yang tidak direkomendasikan yaitu penderita epilepsi dan juga wanita hamil, karena wanita hamil memiliki air yang lebih banyak dibandingkan manusia pada umumnya, pada saat itu ada janin juga memang belum begitu kuat dan disarankan apabila terjadi komplikasi terhadap janinya hal itu akan cukup disayangkan karena itu  untuk mengantisipasi maka sebaiknya ibu hamil, penyakit jantung dan juga eplilepsi juga tidak disarankan untuk mengikuti terapi yang menggunakan suara ini. 

Berapa kali harus ikut Sound healing

Umumnya setiap orang memiliki keadaan fisik yang berbeda- beda dan juga kondisi emosional yang berbeda antara satu dengan yang lainnya tidak ada batasan harus berapa kali seseorang harus mengikuti atau melakukan sound healing hingga mereka dikatakan bisa sembuh dari penyakit, jadi memang karena ini adalah sifatnya meditative atau alternatif untuk penyembuhan.

Dan juga sifatnya membantu pengobatan secara medis jadi sebaiknya juga digabungkan dengan pengobatan medis dari dokter digabungkan dengan meditasi hal itu akan semakin membantu dalam penyembuhan kita.

“Didalam penyembuhan ini sendiri saya tidak bisa bilang kita bisa melakukan berapa kali hingga sembuh karena setiap orang memiliki kondisi batin yang berbeda dan ketika kita bisa melewati fase – fase tertentu dalam kehidupan kita, kita baru bisa melihat hasilnya, jadi penyembuhan itu tidak didapatkan dari laur melainkan dari dalam diri kita, ketika kita mendengarkan suara sound ini hal tersebut bisa membawa kita kepada penyembuhan secara mendalam di dalam batin kita dan tentu dalam pikiran,” ujarnya.

Nah, tetapi apabila orang tersebut masih belum bisa untuk melepaskan atau untuk belajar let go seperti itu tentunya kita tidak bisa sebagai orang luar atau sebagai terapis memberikan kesembuhan kepada beliau, kenapa? Karena ketika seseorang itu menginginkan untuk sembuh hal itu harus ada bentuk kerjasamanya antara pasien dan dengan terapisnya, ketika kita berusaha maka hasilnya pun akan bisa lebih mudah ataupun lebih cepat untuk tersampaikan ataupun didapat apa yang diinginkan oleh pasien tersebut.

Artikel ini dapat dilihat di Majalah Digital Kabari Edisi 190

Baca juga: