Sebanyak enam jenama produk aksesori, modest fashion, dan kosmetik Indonesia mengikuti ajang L’Adresse Trade Showroom pada Paris Fashion Week (PFW) tanggal 3─6 Maret 2023 di Paris, Prancis. L’Adresse Trade Showroom merupakan pameran bisnis ke bisnis (business-to-business/B2B) pada PFW 2023.

Adapun enam jenama tersebut, yaitu Artkea, IKYK, BLP Beauty, KEA, Aidan and Ice, dan Jewel Rocks. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Perdagangan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Tokopedia, dan L’Adresse Paris Agency sebagai agensi resmi Paris Fashion Week.

“Sinergi yang kuat antara pemerintah, swasta, dan pelaku usaha merupakan kunci untuk mendorong penetrasi produk Indonesia merambah pasar ekspor semakin berdampak. Pada 2023, Kemendag akan fokus mempromosikan produk modest fashion dan turunannya di tiga ajang internasional, salah satunya adalah Showroom pada Paris Fashion Week,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dalam keterangan tertulis yang dikutip KABARI.

Menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis Mohamad Oemar, keikutsertaan jenama Indonesia pada tradeshow di PFW 2023 diharapkan dapat menjadi gerbang bagi produk kreatif Indonesia untuk dikenal di kalangan konsumen global.

“Pemerintah Indonesia tentunya siap memberi dukungan baik dari sisi kebijakan maupun fasilitasi guna mendorong peningkatan ekspor produk kreatif Indonesia,” ujarnya.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengatakan, Tokopedia terus berupaya membantu pegiat usaha lokal memulai dan membangun bisnis untuk menjadi raja di negeri sendiri bahkan setara dengan jenama kelas dunia.

 “Tokopedia mendukung penuh Kemendag dan KBRI Paris untuk membawa pegiat usaha lokal, termasuk BLP yang juga merupakan penjual di Tokopedia, ke perhelatan PFW trade show 2023. Melalui ajang ini, Tokopedia berharap dapat memberikan panggung bagi pegiat usaha lokal agar terus tumbuh dan berkembang, sekaligus berkontribusi positif terhadap ekonomi kreatif tanah air,” tuturnya.

Sementara itu, Creative Director IKYK, Anandia Putri Harahap juga menyampaikan dukungan berbagai pihak terhadap kegiatan L’Adresse Showroom di PFW 2023. Menurutnya, ajang bergengsi ini mampu memperkuat perspektif bahwa Indonesia bukan sekedar produsen bagi jenama modeinternasional ternama saja, melainkan juga memiliki jenama lokal yang berpotensi menembus pasar global.

 “IKYK memiliki harapan besar bahwa melalui kegiatan ini dapat menjadi langkah yang tepat untuk membuka peluang bagi brand lokal yang telah lama dikenal/berdiri di Indonesia untuk memasuki pasar global serta mampu bersaing di kancah internasional,” jelasnya

Sumber foto: fashiondesignweeks.com

Baca Juga: