US Army-marinir 3KabariNews – Prajurit Intai Amfibi Marinir Indonesia gelar latihan bersama Special Force Group US Army di pusat latihan tempur Korps Marinir Lampon, Banyuwangi, Senin (22/8). Latihan bersama yang bersandikan Balance Lantern iron 16-2444 tersebut, secara resmi dibuka oleh komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Lukman, S.T,M.Si (Han) dengan ditandai penyematan pita merah kepada komandan pasukan Special Force Group US Army.

Latihan akan berlangsung selama 33 hari atau mulai tanggal 22 Agustus hingga 23 September 2016 dengan materi meliputi teori di kelas dan praktek dilapangan. Untuk teori, meliputi Tactical Combat Casuality Care (TCCC), Helo Insertions, Radio Communication Technique, dan Combat Patrol. Sedangkan untuk praktek di lapangan, materinya meliputi Marksmanship, Close Quarter Bettle (CQB), Military Operation In Urban Terrain (MOUT), Seashore Operation, Swamp Forest Patrol, Helo InsertionSea and Jungle Survival, dan Full mission profile.

Dalam sambutannya, Komandan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) Lukman mengatakan, latihan bersama antara kedua negara ini merupakan agenda tahunan yang sudah terjadwal dan memiliki manfaat besar, baik dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antara dua negara, maupun dalam meningkatkan taktik, teknik, dan prosedur operasi militer.

“Kerjasama  dan pemahaman antar kedua belah pihak akan sangat menunjang tercapainya tujuan latihan bersama yang menitik beratkan pada peningkatan kemampuan teknik dan taktik operasi khusus, baik di aspek darat, laut, maupun udara”, katanya.

Ada hal yang penting di balik latihan militer bersama antara Korps Marinir Indonesia dan US Army, yaitu menjunjung tinggi budaya kearifan  lokal dan menjaga hubungan harmonis dengan masyarakat dalam melaksanakan setiap kegiatan latihan bersama. Selain itu, tujuan latihan bersama untuk meningkatkan dan memelihara kebanggaan sebagai prajurit Korps Marinir TNI AL.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, adalah mengutamakan faktor keamanan, sehingga latihan bersama ini dapat berjalan dengan lancar dan benar-benar zero accident” tegas Brigjen TNI (Mar) Lukman.

US Army_MarinirSebelum mengakhiri amanatnnya, komandan Pasmar-1 ini, menyampaikan ucapan  selamat berlatih kepada seluruh peserta latihan, dengan harapan mampu menyerap semua materi yang dilatihkan. Sementara itu, Komandan Satuan Tugas Latihan atau Satgas Latihan Letnan Kolonel (Letkol) Mar Rivelson Saragih mengatakan, tujuan latihan Balance Lantern Iron 16-2444 yang akan berakhir pada tanggal 23 September 2016 tersebut, yaitu untuk meningkatkan dan kemampuan teknik  serta taktik operasi khusus aspek media darat dan laut bagi personil Taifib. (Yan-Jatim)