Bisa dikatakan Tren yang merupakan perusahaan teknologi penyedia modem mobile internet ini usianya baru seumur jagung. Didirikan oleh Martin Carter bersama istrinya Allia Rosa di tahun 2020. Namun siapa sangka, TREN dalam perjalanannya menuai banyak apresiasi dan berkat. Tak hanya memberikan solusi kepada masyarakat berupa kemudahan berinternet dimanapun dan kapanpun.

TREN bahkan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan kategori perusahaan penjualan langsung pertama yang memasarkan produk modem internet. MURI memberikan piagam penghargaan atas rekor perusahaan penjualan langsung pertama yang memasarkan produk modem internet.

TREN, tutur Martin bukan sembarang modem. TREN berteknologi canggih yang multi provider dan multifungsi. Multifungsi dalam arti bisa juga sebagai powerbank dan memiliki beragam aplikasi. TREN hadir untuk memudahkan masyarakat berinternet dan memberikan kesempatan juga untuk dapat ikut serta masuk dalam bisnis perusahaan teknologi. Berikut petikan KABARI bersama Martin Carter beberapa waktu lalu.

Apa yang melatarbelakangi Anda Mendirikan TREN?

Awal mulanya saya melihat adanya masalah sebenarnya, jadi kita lihat ada masalah bahwa di Indonesia itu banyak orang itu memiliki lebih dari satu Simcard atau punya lebih dari satu HP. Modem yang kita jual ini teknologinya canggih, karena modem TREN sudah menggunakan multi provider. Ada multiprovider di dalamnya sehingga kita tidak perlu beli Simcard banyak, tidak perlu punya banyak HP cukup satu HP saja dan kita bisa memiliki semua provider sampai ke 100 negara lebih ada di satu genggaman ini.

Apa kelebihan dari produk TREN ini?

Nilai tambahnya banyak sekali, jadi modem TREN ini adalah sebuah modem yang multifungsi, dalam artian multifungsi bisa dipakai sebagai powerbank itu yang pertama, lalu yang kedua ada aplikasi- aplikasi juga dan ini untuk memudahkan pelanggan untuk traveling ke luar negeri khususnya ada google maps, ada translator, tripadvisor dan lain sebagainya.

Kita juga bekerjasama dengan puluhan merchant yang mungkin nanti akan menjadi ratusan bahkan ribuan dimana merchant-merchant tersebut memberikan banyak diskon. Jadi bagi para pengguna modem TREN, ketika Anda ke beberapa restoran atau beberapa toko-toko yang bekerjasama dengan kita, Anda akan mendapatkan spesial diskon itu dari 20 sampai 30 persen. Kita juga mendistribusikan modem TREN ini dengan sistem penjualan langsung atau network marketing sehingga kita memberikan peluang yang sangat besar kepada masyarakat Indonesia untuk mereka memiliki peluang untuk bisa berbisnis.

Dan Puji Tuhan baru satu tahun berjalan sudah banyak mitra-mitra TREN yang menghasilkan income ratusan juta sampai milyaran dari modem TREN ini. jadi kita di sini memiliki tagline: Ubah pengeluaran tetap Anda menjadi penghasilan.

Untuk produk TREN bisa disebutkan dan bagaimana dengan harga plus kualitasnya?

Kalau harga itu sudah ada di website kami tetapi itu harga non member, tapi misalkan teman-teman ada yang ingin mengetahui harga secara detailnya harga member-nya berapa keuntungannya menjalankan bisnisnya bisa mencapai ratusan juta sampai milyaran itu caranya gimana bapak/ ibu bisa kontak mitra-mitra TREN atau member-member yang sudah join ke TREN duluan. Atau belum punya kontaknya teman atau bisa kontak ke perusahaan bisa langsung DM ke Instagram kita, @tren.global @trenbusinesscommunity. Nanti kita akan balas kita akan memberikan kontak salah satu leader mitra untuk bisa menghubungi Anda untuk bisa menjelaskan lebih detailnya.

Sejauh ini jangkauan pasar dari TREN seperti apa?

Launching pas masa pandemi, kita berpikir masa pandemi orang agak susah mau belanja karena banyak orang yang bisnisnya gulung tikar, banyak yang pekerjaannya sepi, banyak yang diPHK dan sebagainya. Tapi syukur kita rilis di saat yang tepat karena budget masyarakat Indonesia dalam mengeluarkan pengeluaran banyak di dunia internet.
Jadi omzetnya kita lumayan cukup besar karena pangsa pasarnya besar.

Tahun ini kita juga memenangkan penghargaan Helmi Attamimi Award 2022 di kategori Sales Revenue of The Year. Helmi Attamimi Award, penghargaan bergengsi yang diadakan oleh AP2LI (Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia), yang adalah asosiasi tempat berhimpunnya perusahaan yang bergerak di bidang industri Penjualan Langsung (Direct Selling) dan Penjualan Berjenjang (Multi Level Marketing) di Indonesia. Jadi itu adalah omzet terbesar sepanjang tahun 2021. Kita berhasil mengalahkan ratusan perusahaan direct selling lainnya. Jadi kalau kita ngomong market-nya gimana itu seperti apa itu sangat luas dan TREN rilis di saat yang tepat.

Bagaimana TREN memposisikan dirinya di tengah persaingan yang ada?

Kalau kita bicara persaingan jujur yang seperti TREN belum ada. Makanya kenapa pada bulan ke 7 waktu kita baru launching dan TREN yang baru berumur 7 bulan memenangkan penghargaan MURI dimana kita adalah satu-satunya perusahaan dalam bidang network marketing-nya atau direct selling itu yang menjual produk seperti ini, dan ini baru satu-satunya kita yang punya, jadi kita tidak ada saingannya, dan kita tidak bersaing dengan provider-provider kita malah menggandeng mereka.

Rencana ke depan TREN seperti apa?

Rencana ke depannya kita sudah memiliki rencana sampai lima tahun ke depan. Baru saja kita mengeluarkan produk baru yang namanya TREN Home. TREN Home ini bisa dipakai di rumahan di kantor bisa connect sampai 64 device, multi operator juga, tidak perlu instalasi. Tinggal beli, dicolok ke listrik, langsung menyala dan bisa dipakai.

Untuk ke depannya tentunya kita akan berinovasi kalau dari sisi perusahaan dan teknologi kita akan berinovasi mengikuti perkembangan zaman, ketika 5G keluar kita juga akan mengikuti dan sudah ada planning kita 5-10 tahun ke depan. Yang pastinya kita akan menjadi pelopor saat ini dan kita akan menjadi terbaik, menjadi terbesar dan kita akan TREN-kan Indonesia.

Apa motto diri dan arti kesuksesan bagi Anda?

Arti kesuksesan bagi saya adalah bagaimana kebaikan kita bisa berbuah dan bagaimana kita bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Di bisnis network marketing ini khususnya TREN yang saya suka adalah awalnya ini bukan bidang saya karena saya bisa melihat kalau kita mau sukses kita harus membantu orang lain dulu sukses duluan, baru kita akan lebih sukses dari mereka.

Di sini kita sudah banyak menyukseskan orang banyak, orang- orang biasa, orang-orang yang tidak mampu itu sudah memiliki income. Itu menjadi berkat buat kita, kita merasa wow ini keren, ini bisa terjadi doa buat mereka, mereka bisa buka usaha juga kita bisa membuka lapangan pekerjaan dan kita bisa mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. Jadi intinya sukses bukan masalah harta tetapi bagaimana kita bisa menjadi berkat bagi sesama.