KabariNews – Cuaca dengan empat musim yang silih berganti, dari dingin ke hangat, lalu panas yang menyengat dan dingin kembali. Ini memengaruhi kondisi kulit wajah. Tentu ini bukan alasan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Yang terpenting, jangan lupa oleskan tabir surya untuk merawat wajah. Dan, pakailah masker. Kabar baiknya, Anda membuat masker sendiri!

Kulit Normal

Masker WajahMasker campuran bagus, terbuat dari 1 kuning telur, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan plain yoghurt dan 1/2 sendok teh olive oil extra virgin. Campur bahan, oleskan di wajah dan biarkan 10 menit, bilas dengan air dingin. Kulit jadi terasa dingin, dan tidak kering akibat panasnya sinar matahari. Oleskan seminggu sekali.

Campuran timun dan yoghurt juga bagus untuk masker. Potong 1/2 timun, kupas, proses jadi halus di blender dengan 1 sendok makan plain yoghurt. Oleskan ke wajah, biarkan selama 20 menit dan bersihkan perlahan dengan handuk basah.

Kulit Berminyak

Campurkan 1 buah pisang matang, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan air perasan lemon. Oleskan merata pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. Seandainya kulit sedang berjerawat, masker ini aman dan tetap bisa digunakan.

Oatmeal juga dapat menjadi masker andalan. Gosoklah wajah dengan oatmeal yang sudah dicampur sedikit air, lalu scrub perlahan ke wajah. Setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih. Gosok kembali dengan 2 sendok makan garam atau baking soda. Biarkan 1-2 menit menempel di wajah, lalu bilas dengan air dingin.

Selain oatmeal, Anda bisa gunakan quinoa flakes. Kocok 1 putih telur hingga berbusa, campurkan 1 sendok makan madu (raw honey), aduk rata dan masukkan 1 sendok makan quinoa flakes. Adonan mengental, oleskan ke wajah sambil dipijat-pijat, terutama di daerah T yang sering berminyak. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Kulit Kering

Ambil 1/2 alpukat, tumbuk halus dan campur dengan 1/4 cup madu. Oleskan pada wajah, biarkan selama 10 menit. Tahukah bahwa irisan timun dan buah strawberry juga bermanfaat untuk mendinginkan dan mengecilkan pori-pori kita? Cukup iris dan tempelkan buah ini pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan sekitar 15-20 menit, bilas dengan air dingin dan wajah pun terasa segar.

Jika kulit mengelupas karena panas matahari, gunakan campuran 3 sendok makan olive oil extra virgin, 2 sendok makan madu dan 1/2 cup gula pasir untuk scrub wajah. Scrub ini menghilangkan kulit mati dan mengembalikan kulit normal kita. Oleskan satu sampai tiga kali seminggu tergantung tingkat pengelupasan pada kulit Anda.

Kulit Terbakar

Lupa memakai tabir surya, kulit wajah akan terbakar, memerah dan terasa perih. Bagaimana mengatasinya? Coba oleskan pelembab dari masker aloe vera (lidah buaya). Campurkan 1/2 buah pisang matang, 1 sendok makan minyak almond, 1 sendok makan irisan lidah buaya dan 1/3 cup quinoa. Tumbuk pisang halus, campurkan semua bahan dan aduk merata. Oleskan pada wajah, diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan tiap hari sampai wajah normal.

Anggur hijau juga dapat dipakai untuk mengurangi rasa perih terbakar di wajah. Ambil 1 cup anggur hijau, tumbuk sampai halus menjadi bubur. Masukkan 1 sendok makan madu dan 1 kuning telur. Aduk rata. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan masker menempel 15 menit, lalu bilas air dingin. (1004)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77618

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan

 

 

 

 

kabari store pic 1