KabariNews – Ingin bersekolah di Amerika Serikat tak harus merogoh kantong dalam-dalam. Pasalnya, ada satu alternatif dimana Anda dapat sekolah disana dengan biaya yang lebih murah, yaitu Community College.  Community College adalah  perguruan tinggi dua tahun yang memberikan gelar associate (diploma) sekaligus menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih murah dibandingkan biaya pendidikan tinggi empat tahun.

Dubes AS Robert Blake dalam keterangan persnya, Sabtu, (7/1), mengatakan banyak pelajar memilih untuk mengawali pendidikan di Amerika Serikat di Community College. Dan banyak dari mahasiswa yang memperoleh spesilisasi teknis dan professional yang memasuki dunia kerja berbekal diploma ini dan tak jarang pula yang mentransfer kredit yang mereka peroleh dari Community College ke perguruan tinggi empat tahun untuk meraih gelar sarjana.

Community College sendiri menjadi cikal bakal kesuksesan dalam berkarir terutama dalam bidang teknologi komputer, industry jasa dan pelayanan, industry kuliner dan manajemen bisnis. Lulusan Community College AS  telah banyak menjadi dokter, astronot NASA, duta besar, dan CEO perusahaan besar. Bahkan aktor peraih Academy Awards, Tom Hanks pernah belajar di Community College, tepatnya di Chabot College. Begitu pun dengan  banyak tokoh Indonesia termasuk Erick Thohir yang memulai pendidikan tingginya di Community College.

Selain itu, Community College juga merupakan jalan yang sangat baik untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris  karena kemampuan bahasa inggris bukan syarat untuk diterima di Community College. Bahkan prasayaratan TOEFL pun tidak dibutuhkan. Community College menawarkan kelas bahasa inggris  dasar. Di kampus-kampus yang lebih kecil ini jumlah pelajarnya tidak banyak, para pengajarnya memberikan bimbingan secara langsung dan biaya pendidikan juga murah.

Akan halnya dengan proses pendaftaran  ke Community College terbilang sederhana  karena tidak diperlukan tes masuk tingkat nasional seperti SAT. Banyak Community College yang akan membantu Anda mencari tempat tinggal yang dekat dengan kampus. Dan jika Anda dapat menyelesaikan Community College dengan baik, maka banyak kampus yang akan menerima Anda sebagai mahasiswa transfer dan tak jarang akan ditawarkan beasiswa yang cukup besar.

Presiden AS Barack Obama dalam pidatonya belum lama ini menekankan bahwa perekonomian abad ke-21 perlu diimbangi dengan keterampilan abad ke-21 dan Community College adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan keterampilan tersebut, terutama di bidang-bidang yang semakin berkembang seperti teknologi dan perangkat lunak. Pernyataan tersebut sesuai dengan kondisi di AS dan juga di Indonesia. Sejalan dengan itu Obama baru-baru ini juga mengajukan sebuah prakarsa yang membebaskan biaya kuliah di Community College bagi murid-murid Amerika yang kurang berkecukupan. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/74690

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

lincoln

 

 

 

 

kabari store pic 1