Mantan presiden direktur Food and Health Forum at the Royal Society of Medicine, Dr Marilyn Glenville menerangkan bahwa semua buah dan sayuran memiliki bio-sinergi yang penuh gizi dari setiap bagiannya. Termasuk kulit, buah, tangkai, dan biji. “Semua bisa diolah menjadi nutrisi untuk kita” terangnya.

Semua bagian dan buah dan sayuran berikut ini ternyata punya kandungan yang tak kalah penting untuk tubuh:

Kulit buah kiwi

“Kulit berbulu buah kiwi ternyata tinggi antioksidan dan memiliki zat antikanker, antiinflamasi dan antiallergenic” kata Dr Glenville.

Kulit kiwi berisi tiga kali antioksidan pulp,  juga berfungsi melawan bakteri seperti Staphylococcus dan-E coli, yang bertanggung jawab untuk keracunan makanan. Sebab itu Glenville menyarankan Anda memasukkan juga kulitnya ketika membuat jus.

Biji buah nanas

Seperti buahnya, biji nanas ternyata juga kaya manfaat, biji dari nanas mengandung dua kali konsentrasi bromelain (enzim, yang memecah makanan dalam sistem pencernaan dengan cepat) yang berarti dapat melindungi lambung  “kata Dr Glenville.

Hancurkan biji nanas dan masukkan sebagai tambahan pada sup atau smoothie, Anda bisa menambah kelezatan sekaligus nutrisi.

Batang Brokoli

Batang brokoli memang kurang mengandung flavourful dibandingkan bunganya, tetapi mereka punya kandungan kalsium dan vitamin c lebih tinggi. Batang brokoli juga tinggi serat larut, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.“Iris tipis-tipis batangnya, tambahkan pada tumisan atau sup” tambah Glenville.

Kulit pisang

Para peneliti di Taiwan menemukan ekstrak kulit pisang dapat mengurangi depresi karena kaya akan serotonin (senyawa kimia yang mengatur mood). Kulit pisang juga ditemukan sangat baik untuk mata, karena mengandung lutein antioksidan yang melindungi sel mata dari paparan sinar ultraviolet (penyebab utama katarak). Rebus kulit pisang selama sepuluh menit dan minum ketika dingin atau campurkan pada juice Anda.

Kulit bawang putih

“Kulit bawang putih mengandung enam senyawa antioksidan yang terpisah, menurut sebuah penelitian dari Jepang kulitnya mengandung fenilpropanoid antioksidan yang membantu melawan proses penuaan dan melindungi jantung, “papar Dr Glenville.

Campurkan kulit bawang putih dengan minyak zaitun, kemudian tambahkan pada daging atau ikan sebelum dipanggang rasakan tambahan aroma juga nutrisinya.

Kulit buah jeruk

Jeruk dan kulitnya tinggi antioksidan bernama super flavonoid, yang secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol ‘buruk’ LDL, tanpa menurunkan kolestrol ‘baik’ atau HDL. Antioksidan yang diperoleh dari kulitnya, 20 kali lebih kuat daripada yang dari jusnya, menurut sebuah penelitian di AS.

“Hal yang sama berlaku untuk semua jenis jeruk, “kata Dr Glenville. Serat putihnya mengandung kadar tinggi pektin, komponen serat makanan yang dikenal untuk menurunkan kolesterol dan menjajah usus dengan bakteri menguntungkan, terangnya.

Oleh sebab itu dia menyarankan Anda menambahkan kulit jeruk yang sudah diparut pada tambahan kue dan muffin, atau ceburkan semua kedalam juicer untuk mendapatkan seluruh manfaatnya.

Biji Labu

Semua labu tinggi zat seng yang membantu kulit dan kuku tetap sehat, dan beta karoten antioksidan yang melindungi kita terhadap penyakit jantung dan kanker.

Glenville menyarankan agar Anda tak membuang biji labu, karena kaya akan Omega 6 dan asam lemak esensial yang menjaga otak tetap sehat. Sebab itu cuci benih dalam air hangat dan panggang dengan minyak zaitun selama sekitar 20 menit. Gunakanlah untuk taburan pada salad dan sup.

Kulit Kentang

Kebanyakan orang tahu kulit kentang sehat, tetapi hanya sedikit yang menyadari alasannya. Ini karena kulit kentang adalah pembangkit tenaga listrik gizi yang nyata. Satu kulit kentang berukuran kepalan tangan ternyata setara dengan setengah asupan harian serat larut, kalium, besi, seng, fosfor dan vitamin C yang direkomendasikan ahli gizi.

“Kentang juga mengandung vitamin C lebih dari jeruk, sehingga sangat cocok bagi siapapun yang ingin menangkal flu, “kata Dr Glenville. Sebab itu menurutnya bila memanggang kentang biarkan sang kulit tetap menyelimutinya. (1002)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?49077

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :