KabariNews – Memiliki perpustakaan pribadi adalah hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa menaruh dan mengkoleksi buku-buku tersebut dan tentunya terlihat rapi apabila ditata dengan benar. Berikut adalah cara simple untuk membuat perpustakaan sendiri dengan budget rendah.

  1. Pilih tempat yang ingin dijadikan perpustakaan. Anda tidak memerlukan satu ruangan untuk membuat perpustakaan, tetapi kalau Anda mempunyai ruang kosong di rumah, Anda bisa memakainya. Anda juga bisa memanfaatkan sudut kosong di ruang tamu, ruang keluarga, basement, atau ruang kerja. Bagian sisi kiri-kanan dari perapian juga cocok untuk dijadikan perpustakaan kecil.
  2. Beli lemari buku. Carilah lemari buku yang murah atau bisa membeli lemari rakitan. Sesuaikan dengan kondisi ruangan. Beli lemari yang agak besar, supaya memuat banyak buku.
  3. Buatlah perpustakaan tersebut menjadi nyaman. Agar membaca lebih nyaman, sediakan sofa yang comfy, tidak perlu besar, yang penting nyaman. Letakkan pula meja kecil di sampingnya untuk menaruh teh atau kopi. Membaca buku sambil menikmati teh hangat tentu membuat atmosfer membaca lebih asyik. Perpustakaan ini bisa menjadi salah satu tempat menghabiskan waktu yang nyaman.
  4. Isilah lemari tersebut dengan buku-buku. Ini adalah bagian yang paling menarik. Anda bisa mendatangi toko buku dan membeli buku-buku yang Anda sukai. Membeli buku tidaklah murah, namun Anda bisa mencari buku-buku diskon dengan harga miring. Datangi pameran buku dengan diskon besar. Pilihlah buku yang Anda minati.

Selamat mengisi perpustakaan!