KabariNews – Indonesia menempati peringkat keempat dalam jajaran negara dengan pertumbuhan internet global paling  tinggi,  dibawah  India,  lalu  Tiongkok,  dan  Myanmar.  Laporan  Ericsson Mobility yang dilansir pada Selasa  (16/6/2015)  menunjukkan,  Indonesia  memiliki  lebih  dari  empat juta pelanggan internet mobile baru pada  kuartal  pertama  tahun  ini.  Sementara  itu  mengacu  pada  data  yang  dirilis  oleh  Asosiasi  Penyelenggara  Jasa  Internet  Indonesia  menunjukkan  bahwa  jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 88,1 juta   pengguna.

Pertumbuhan pengguna internet tentunya memberikan dampak langsung bagi industri teknologi di Indonesia. Hal tersebut mendorong terlaksananya Startup Weekend Jakarta, sebuah ajang di mana para developer, desainer, marketer, product manager, serta orang-orang yang memiliki talenta di berbagai bidang dan antusiasme berwirausaha akan berkumpul bersama untuk bertukar pikiran dan ide, membentuk tim, membangun produk, dan meluncurkan sebuah startup pada akhir pekan. Acara yang akan diselenggarakan pada 2-4 Oktober 2015 di Conclave Coworking Space ini ingin mempertemukan para talenta terbaik tanah air dan mendorong mereka menciptakan sebuah startup.

Yansen Kamto, Chief Executive KIBAR, partner lokal penyelenggara Startup Weekend Jakarta, menuturkan bahwa acara ini bertujuan untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan di Indonesia. Selain itu, KIBAR juga ingin membantu generasi muda yang ingin berkarya lewat kreativitas dan teknologi. “Kami ingin menciptakan fondasi yang kuat untuk ekosistem perusahaan rintisan di Indonesia dan membantu para generasi muda untuk menjadi seorang pengusaha terutama di bidang teknologi. Caranya yaitu mempertemukan mereka dengan para mentor berpengalaman agar mereka memiliki paradigma bahwa membangun bisnis yang berhasil tidak hanya bermodal uang atau hanya mengharapkan kucuran dana dari investor.”

Adapun nama-nama tokoh industri teknologi di Indonesia yang akan menjadi juri pada pelaksanaan Startup Weekend Jakarta, antara lain Aulia Masna (Editor AdDiction), Dondi Hananto (Founder of Kinara Indonesia), Shinto Nugroho (Head of Public Policy and Government Relations at Google), Wicak Hidayat (Editor at Kompas Tekno).

Sementara itu, mentor-mentor yang sudah memastikan untuk terlibat mencakup Sanny Gaddafi (CTO, 8villages.com), Vina Zerlina (Senior UX Designer, Blibli.com), Andreas Senjaya (CEO & co-founder, PT Badr Interactive), Yukka Harlanda (co-founder, Bro.do), Dian Wulandari (COO, Marketeers), Dina Kosasih (co-partner, Makedonia Makerspace), David Soukhasing (Investment Manager SEA, LGT Ventures), Karina Akib (Strategic Partnership Manager, Google Indonesia), Peter Shearer (Managing Director, AR&Co.), Heriyadi Janwar (Corporate VP, Bhinneka.com), Enda Nasution (co-founder, Sebangsa.com), Sofian Hadiwijaya (founder, Crazy Hackerz) dan Christian Sutardi (COO & co-founder, fabelio.com).

Pada hari pertama, peserta yang terdaftar akan melakukan presentasi di depan peserta  lain  dan ide-ide kreatif mereka akan dipilih secara langsung untuk membentuk sebuah tim pada hari tersebut. Selanjutnya, pada hari kedua, tim yang telah terbentuk akan  membangun  sebuah  ide,  dibantu langsung oleh mentor yang merupakan praktisi di bidang terkait. Di hari terakhir, tim  yang  telah  melalui proses mentoring akan melakukan pitching di depan para juri untuk memenangkan hadiah-hadiah yang telah disediakan oleh pihak   penyelenggara. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/80106

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

lincoln

 

 

 

 

 

kabari store pic 1