Dalam rangka HUT ke-74 RI, dan HUT Kementerian Luar Negeri panitia peringatan ultah ke-74 dan Kemenlu tahun 2019 mengadakan acara kemenlu goes to Cenderawasih. Acara tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 26 juli 2019 dan Kamis 8 Agustus 2019 merupakan puncaknya di SD Cenderawasih, Pondok Aren Tangerang.

Rangkaian kegiatan tersebut adalah : tanggal 26 juli, lomba gambar untuk murid kelas 1-2-3 SD. Dan tanggal 8 Agustus 2019 merupakan puncak acara antara lain: sikat gigi bersama untuk seluruh murid SD Cenderawasih III Pondok Aren, Tangerang Selatan. Periksa gigi, Talkshow, penampilan tari Bali, penampilan medley lagu-lagu daerah oleh murid SD Cenderawasih III Pondok Aren Tangerang Selatan dan puncak acara diakhiri dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba gambar dan lomba esai.

Rangkaian acara kemenlu goes to cenderawasih merupakan kolaborasi atau kerjasama antara kemenlu, yayasan Pendidikan Daya Dutika Cenderawasih (YPDDC) sekolah Cenderawasih dan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Tangerang.

Turut hadir Winanto Adi ketua panitia HUT Kemlu, Anita Luhulima ketua bidang panti sosial, para tamu undangan dari pejabat eselon II Kemlu, Suzana Asparini ketua PDGI Tangerang. Para dokter gigi, para kepala sekolah dan wakil dan para guru sekolah Cenderawasih. Para komite dan orangtua murid, Kuncoro Giri Waseso wakil ketua panitia hut Kemlu.

Winanto Adi mengatakan, “Saya sebagai ketua panitia hut kemlu pada tahun ini, terus terang ingin sekali semakin mendekatkan kembali antara sekolah cenderawasih dengan Kemlu karena dari awal sekolah cenderawasih dilahirkan oleh Kemlu untuk keluarga kemlu. Tetapi akan lebih baik bisa berbagi dengan masyarakat sekitar,” ujar Winanto.

“Saya kira ini adalah langkah awal yang perlu untuk ditindaklanjuti jadi tidak hanya berhenti disini jadi pertama tentunya perhatian kami kepada anak-anak generasi muda bangsa dan seperti tema dari pemerintah pada saat ini dan akan datang pengembangan sebagai manusia jadi ini langkah yang sangat tepat dan baik untuk terus kemlu ikut mengembangkan pendidikan melalui sekolah cenderawasih,” kata Winanto.

Mengusung tema pekan layanan kesehatan, dengan timelime hidup sehat anak kemlu. Intinya kesehatan itu dimulai dari diri kita sendiri. Untuk kegiatan bakti sosial tahun ini, diadakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk mata, donor darah dan lainnya. Kemlu juga punya tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Sehingga dengan mengadakan donor darah dan juga mengadakan kerjasama untuk melakukan khitanan massal.

“Kemlu mengadakan bakti sosial kepada sekolah Cenderawasih karena Cenderawasih adalah lingkungan terdekat dari kemenlu. Dimana awalnya ini dikelola oleh kemenlu, dan kedua sesuai dengan misi presiden RI yaitu menciptakan pembangunan manusia anak-anak yang lebih baik, pembangunan itulah dimulai dari Sekolah Dasar. Untuk kegiatan kita di cenderawasih ini ada beberapa hal yaitu lomba menggambar, dan lomba esai,” jelas Anita Luhulima.

Rikha indah Sari Nugroho, ketua Yayasan Sekolah Cenderawasih juga mengatakan, “Sekolah – Sekolah Cenderawasih sangat bersuka cita, Harapannya dimasa yang akan datang, Kemenlu dapat melibatkan kegiatan-kegiatan pendidikan dengan semua sekolah Cenderawasih.” Ungkapnya.