Semua orang pasti pernah mengalami gangguan tidur. Dan bermacam-macam penyebabnya. Penyebab internal karena pikiran atau tubuh kita sendiri atau karena faktor eksternal seperti pergantian cuaca atau daylight saving time. Saat perubahan jam dari pergantian musim gugur ke musim dingin dan musim dingin ke musim semi, ini dapat juga memengaruhi siklus tidur kita.

Gangguan tidur atau insomnia sungguh sangat melelahkan lahir batin. Tubuh kita jadi lemas di siang hari, pusing kepala dan mengakibatkan gangguan emosi. Susah berkonsentrasi bahkan menimbulkan rasa frustasi dan gampang marah. Beberapa orang menjadi kehilangan nafsu makan. Kalau dibiarkan berlarut-larut tentu tidak sehat. Timbulnya insomnia akibat stres, rasa cemas yang berlebihan, depresi, jet lag, tapi juga dapat timbul karena pola makan dan minum serta kebiasaan sehari-hari.

Cobalah tinjau kembali pola makan dan minum kita. Makan malam berlebihan, terlalu banyak camilan mengandung gula, meminum minuman berkafein mendekati waktu tidur, merupakan kebiasaan yang salah. Itu semua membuat tubuh kita bangun, bukannya membuat lebih rileks. Jika suka ngemil, sediakan camilan sehat seperti buah terutama pisang, buah cherry, kacang almond, serta walnut.

Mengutip riset dari University of Texas, almond dan walnut kaya kandungan magnesium dan tryptophan yang diperlukan bagi tubuh untuk menghasilkan serotonin. Dan serotonin ini digunakan untuk membuat melatonin yang membantu mengendalikan siklus tidur kita. Meminum susu hangat terutama susu almond juga dapat membuat kita mengantuk. Jika tidak suka susu, cobalah minum teh herbal atau organik bebas kafein, seperti teh lavender, chamomile, lemon balm dan passionflower, satu jam atau 30 menit sebelum tidur.

Salah satu kebiasaan yang membuat kita susah tidur di malam hari adalah tidur siang terlalu lama. Menurut Dr. Sara C. Mednick di dalam bukunya, Take A Nap! Change Your Life, power nap adalah cukup 20-60 menit. Dan berusaha konsisten dengan jam tidur siang sebisa mungkin sama antara jam 1 sampai jam 3 sore. Tidur siang secara teratur mengurangi stres dan mencegah sakit jantung. Seandainya kita bekerja, cukup ambil waktu 20 menit dari waktu istirahat untuk tidur siang. Jika terlalu lama akan mengganggu jadwal tidur malam hari.

Cara lain agar kita dapat tidur nyenyak adalah rajin olahraga dan menjaga jadwal tidur serta bangun pagi yang sama setiap harinya. Jangan lupa faktor kenyamanan di dalam kamar tidur. Atur penerangan lampu agar nyaman di mata serta tempat tidur yang bersih dan rapi. Jika suka bau wangi dapat menyalakan pengharum ruangan atau diffuser dengan minyak esensial beraroma lavender.

Sebisa mungkin hindari menonton TV, membuka tablet atau telepon genggam sebelum tidur. Jika masuk tempat tidur tapi belum bisa memejamkan mata, lebih baik bangun lalu melakukan meditasi atau membaca buku. Usahakan masuk tempat tidur saat mata mulai mengantuk. Beberapa orang memiliki kebiasaan mendengarkan musik untuk mendatangkan kantuk, kebiasaan ini bisa dicoba. Satu lagi yang dapat dicoba yaitu mendengarkan suara jangkrik, hujan, atau air mengalir yang menenangkan dari aplikasi yang kita punya. (foto:istimewa)