KabariNews – Alam memiliki daya tarik luar biasa. Kekuatannya adalah pada pemeliharaan kekayaan alam ini sehingga potensi daya tariknya terus langgeng dan dapat dinikmati oleh anak cucu. KABARI menyajikan beberapa daya tarik alam yang sempat dikunjungi saat berlibur beberapa waktu lalu. Berikut laporannya!

General Sherman

General Sherman

Taman nasional yang terletak di Visalia Timur, California ini didirikan pada 25 September 1890. Lokasinya di selatan Sierra Nevada. Adapun Sierra Nevada ini merupakan deretan pegunungan di barat Amerika dan sebagian besar kisarannya terletak di negara bagian California. Dari kejauhan, Sierra Nevada terlihat indah dengan warna-warni batuan yang berbeda dari kombinasi batu granit, monzonit dan diorit.

Nama Sequoia berasal dari pohon raksasa Sequoia yang nama latinnya Sequoiadendron Giganteum. Nama itu dibuat oleh seorang botanis asal Jerman sebagai penghargaan untuk seorang pemimpin Cherokee terkenal, Sequoya, berkat alfabet ciptaannya dalam bahasa Cherokee.

Dengan mencakup luas hampir 404.064 acre, Sequoia merupakan taman nasional terbesar di Amerika, bahkan di dunia yang dipenuhi dengan pohon-pohon raksasa. Yang terbesar adalah pohon General Sherman dengan tinggi 6.906 ft. Bayangkan dengan ukuran tinggi manusia dewasa yang rata-rata 5 sampai 7 ft. Pohon-pohon raksasa yang ratusan tahun umurnya ini benar-benar kokoh dan besar, bahkan saking besarnya, memiliki retakan atau lubang di tengahnya pada bagian paling bawah. Lubang itu bisa kita masuki.

Retakan itu mirip gua, bahkan lubang di beberapa pohon dapat mencapai ukuran sekitar 2×2 meter. Kita dapat masuk dan berteduh di dalamnya. Yang menarik, dalam pohon kita dapat menemukan kayu yang bagaikan tempat duduk yang dibangun manusia serta lubang seperti jendela. Sungguh menakjubkan! Kayu-kayu kecil yang berserakan di sekitar pohon pun kalau kita cermati terdapat beberapa kayu seperti ditatah oleh pemahat dengan tatahan atau guratan berupa lingkaran, bulatan, atau bunga. Padahal itu merupakan gigitan serangga yang kemudian mengering dan membentuk pahatan alami.

Memasuki Sequoia, The Trail of 100 Giants, kita akan langsung berhadapan dengan pohon-pohon terbesar dan tertua di dunia. Usia pohon itu mencapai 500 sampai 1.500 tahun. Jangan membayangkan taman nasional ini seperti taman nasional lain yang memiliki lahan-lahan luas. Jarak pohon-pohon ini hampir berdekatan satu sama lain, sehingga saat berkunjung akan lebih baik saat cuaca cerah seperti awal musim panas ini. Juga masih terdapat sinar matahari saat kita berada di dalamnya.

Lebih baik hindari berkunjung pada sore hari ketika matahari mulai turun dan gelap. Pasalnya, taman ini berada di deretan Sierra Nevada dan di lereng barat puncak gunung Whitney. Pada malam hari, suhu udara di sana menjadi lebih dingin, kadang turun hujan dan salju meski di pertengahan musim semi.

Sequoia

Sequoia

Jangan sampai kita terjebak gelap saat menuju ke sana atau saat sedang berada di tengah-tengah hutan. Ketika masuk, cermati arah masuk, jalan setapaknya, jika kita ingin kembali melewati jalan yang sama. Lebih baik jika sebelumnya kita datangi bagian informasi dan bertanya tentang bagaimana sebaiknya saat masuk dan keluar, serta jika ada keadaan darurat, misalnya tersesat. Karena kita tidak dapat mengandalkan sinyal telepon selular kita.

Satu lagi yang menakjubkan, selain pohon raksasa, ditemukan juga banyak gua. Diperkirakan lebih dari 200 gua yang sebagian sudah ditemukan lokasinya dan dimasuki para peneliti. Tapi hanya ada satu gua yang terbuka untuk umum yaitu Crystal Cave. Gua ini panjangnya sekitar 5,5 kilometer dan mulai dikenal tahun 1918. Jika ingin masuk, persiapkan diri dengan baju hangat karena suhu di dalamnya sekitar 9 derajat celcius.

Seandainya ingin menginap, salah satu tempat terdekat yang dapat kita pilih adalah di Lake Isabella. Danau yang bermuara di Sungai Kern ini dulu hanya disebut sebagai Isabella atau Kernville. Kota kecil ini dipagari dengan pemandangan indah berupa deretan pegunungan. Penduduknya sangat ramah. Lake Isabella ini merupakan waduk terbesar di bagian selatan California dengan luas lebih dari 11.000 hektar di permukaan air. Rekreasi di sini adalah memancing, berperahu, serta piknik atau berkemah di pinggir danau. Bagi yang mengendarai RV, dapat langsung menuju dan bermalam di sini.

Selama perjalanan menuju Sequoia, kita akan melewati jalan berkelok-kelok dengan beberapa tempat kemping di kanan-kiri. Saat musim liburan, banyak terlihat warna-warni tenda di area Camp Grounds. Berbeda dari kemping di pinggir Lake Isabella, di sini pemandangan berupa gunung batu granit dan rimbunan pepohonan. Selain itu, sempatkanlah mampir ke The Giant Forest Museum. Museum yang berdiri sejak 1928 ini berisi sejarah taman nasional dan sekitarnya. (1004)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77620

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Mobil

 

 

 

 

kabari store pic 1