Jika kita tak kuat menahan godaan akhir tahun, yakni keinginan untuk berlibur, berbelanja atau berhura-hura,  terutama bagi yang berkantong pas-pasan, alamat berbahaya bagi keuangan Anda.

Hampir di semua lokasi wisata dan lokasi belanja akan menarik perhatian kita dengan berbagai barang yang bagus dan pastinya dengan bandrol harga yang sangat menggiurkan.

Pesta diskon gila-gilaan akan menghasut kita untuk mengeluarkan isi dompet dengan tidak terkontrol.

Ada beberapa tips untuk menjaga agar isi dompet kita tidak kebobolan karena asik belanja saat liburan akhir tahun.

1. Jangan Terburu Nafsu

Disaat Anda memasuki lokasi belanja dengan diskon yang gila-gilaan dan bersaing, usahakan Anda menahan diri sebelum mengambil barang yang Anda inginkan dan membawanya ke kasir.

Perhatikan dulu manfaat barang yang akan Anda beli, lalu periksa kondisi barang tersebut dengan teliti.

Contoh untuk belanja pakaian, pertama periksa jahitan pada pakaian, jangan lupa liat bahan yang digunakan, apakah bahan tersebut nyaman bila Anda pakai nantinya. Lalu ukuran pakaian tersebut, jangan sampai saat Anda sampai di rumah, ukuran pakaian yang Anda beli malah kebesaran atau kekecilan yang akhirnya tidak dapat Anda gunakan saat liburan.

Tidak lupa untuk mengecek merek pakaian tersebut bagi Anda yang sangat mengedapankan branded.

2. Bandingkan Harga

Barang-barang yang menggoda mata kita akan membawa kita merogoh isi dompet kita dan membelinya.

Sebelum hal ini terjadi, usahakan Anda membandingkan terlebih dahulu harga-harga barang serupa yang ingin Anda beli.

Keluar masuk toko hanya untuk sekedar membandingkan harga dan kualitas barang mungkin lebih baik dibandingkan Anda hanya memilih barang di satu toko saja.

Walaupun hanya sekedar lihat-lihat saja dan dibilang cuma mengacak-acak barang saja tapi nantinya Anda akan mendapatkan barang yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Dibeberapa toko sering terdapat kasus menaikan harga sebelum diskon, hal ini perlu Anda waspadai, jangan sampai Anda membli barang dengan harga yang lebih mahal dari waktu biasanya dan mendapat kualitas barang yang buruk.

3. Jangan Belanja Sendiri

Usahakan Anda mengajak suami, istri, teman atau saudara bila ingin belanja, hal ini dimaksudkan agar saat Anda bingung memilih barang dengan harga diskon di sana-sini, Anda dapat bertukar pikiran dan menanyakan pendapat suami, istri, teman atau saudara Anda mengenai barang tersebut, apakah barang tersebut cocok dengan Anda dan harga serta kualitas barangnya memang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Ada baiknya sebelum Anda belanja sepuasnya, Anda membuat daftar belanjaan yang menjadi target dan sasaran Anda di akhir tahun ini, hal ini dimaksudkan agar Anda bisa menyesuaikan isi dompet Anda dan menghindari Anda belanja barang yang tidak diperlukan.

Nah, selamat liburan akhir tahun nda selamat bersenang-senang.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?32417

Untuk melihat Berita Indonesia / Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_______________________________________________________

Supported by :

Photobucket