KabariNews – Ajang kecantikan yang digawangi oleh Yayasan Puteri Indonesia kembali menunjukkan eksistensinya dalam melahirkan puteri – puteri Indonesia berprestasi  yang saat ini banyak menjadi sosok berpengaruh di berbagai sektor, baik di sektor pemerintahan, swasta, pengusaha maupun entertainment.

Bukan hal yang mudah bagi penyelenggara mencari sosok Puteri Indonesia yang memiliki kriteria  3B,  diantaranya Brain, Beauty, Behavior. Yayasan Puteri  Indonesia bekerjasama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata turun tangan langsung dalam melakukan seleksi 34 Provinsi untuk mencari puteri yang dinilai mampu mewakili provinsinya.

39 Finalis puteri Indonesia 2016 yang terdiri dari berbagai propinsi di Indonesia tiba di Jakarta (12/01), untuk mengikuti karantina yang tahun ini mengangkat tema Palembang, Sumatra Selatan.   Malam grand final puteri Indonesia akan diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2016 di Plenary Hall, JCC dan dihadiri oleh Miss International 2015, Edymar Martinez.

Dalam Konferensi pers di Jakarta, (12/02) Yayasan Puteri Indonesia  menghadirkan finalis, sejumlah panelis, para designer serta  puteri Indonesia lingkungan dan Puteri Indonesia Pariwisata 2015. Selain itu, untuk menyempurnakan balutan busana yang dikenakan dari designer  terpilih, para finalis Puteri Indonesia 2016 juga dilengkapi balutan perhiasan dari emas putih.

Pada tahun ini Puteri Indonesia akan memakai mahkota baru dari emas putih yang mengangkat tema candi Borobudur yang merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia dan menjadi  kebanggaan bangsa Indonesia. Ada  3 warna mahkota pada puteri Indonesia 2016 yaitu  merah, hijau dan biru yang memiliki lambang masing-masing,  diantaranya :  Merah  pada mahkota  puteri Indonesia 2016 melambangkan keberanian rakyat Indonesia untuk cinta kepada Negara Republik Indonesia, Hijau pada mahkota puteri Indonesia lingkungan 2016 menggambarkan kesejukan keberuntungan dan memberi rasa perlindungan alam dan lingkungan Indonesia, Biru pada mahkota puteri Indonesia pariwisata 2016 melambangkan lautan Indonesia yang indah, dinamis dan kelembutan.

Putri K Wardani selaku Ketua Dewan Pembina YPI mengatakan  Harapan kami untuk finalis Puteri Indonesia 2016 yang akan menjadi perwakilan Indonesia di ajang Internasional nanti sangat besar, semoga dimasa karantina mereka dapat banyak pelajaran berharga yang nantinya akan berguna untuk mengembangkan bakat dan minat “ ungkapnya. (1011)