SIMA (Sahabat Indonesia Maju) mengajak anak-anak Sekolah Dasar (SD) untuk belajar dan mengenal informasi teknologi yang berbasis coding.

Diketahui, Coding adalah tentang menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Sementara itu, coder adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan coding, juga biasa disebut dengan programmer.

Di era yang serba digital ini, belajar coding menjadi suatu hal yang populer, SIMA menjadikan momen ini sebagai pergerakkan SIMA untuk Indonesia Maju.

Kegiatan belajar coding yang berlangsung di sekretariat SIMA, jalan Perjuangan no. 77, Kebon Jeruk, Jakarta ini banyak  di ikuti oleh puluhan anak-anak SD. Coding yang dikenalkan kepada anak-anak SD adalah pengenalan dasar oleh mentor Isaac dari Gen Digital.

“Saya membuat Gen Digital dengan misi supaya anak-anak yang kurang mampu atau anak-anak yang tidak mempunyai kesempatan untuk belajar teknologi bisa belajar apa itu coding dan juga bisa menggunakan  informasi teknologi  ini supaya mereka lebih siyap berteknologi, “ ucap Isaac kepada Kabari.

Sebelum lebih jauh mengenalkan coding, isaac mengajarkan tahap awal seperti pengenalan dan fungsi-fungsi perangkat komputer, seperti misalnya cara menggeser kursor kanan kiri dan fungsinya.

“Kita mengajarkan mereka awalnya dari dasar dulu, jadi kita mengajarkan menggunakan  aplikasi seperti writeboard yang tidak langsung masuk ke coding, tapi lebih ke mangasah otak mereka , supaya mereka mengerti dasar-dasarnya, baru  kita ajarkan menjalankan  kursor ke kiri ke kanan dan fungsi-fungsinya, dari sana baru mereka bisa membuat seperti animasi atau game, “ imbuh Isaac yang kini masih duduk di bangku SMA.

SIMA (Sahabat Indonesia Maju) adalah organ yang mendeklarasikan sebagai pendukung Jokowi- Amin pada Pemilu kemarin.

Selain itu, kegiatan  yang bertajuk “Berperan Aktif Dalam Mencerdeskan Generasi Penerus Bangsa” ini merupakan bentuk dukungan serta mengawal program- program Jokowi yang terpilih kembali sebagai Presiden  RI  bersama Maruf Amin  sebagai Wakil Presiden RI  untuk periode 2019-2024 mendatang.

“Kemarin kita berkiprahnya di dunia politik sebagai pendukung Jokowi-Amin pada Pemilu kemarin, namun  setelah ini, kita tugasnya mengawal dengan programnya Jokowi, yaitu semoga Indonesia memiliki bibit anak muda yang unggul, dalam acara ini kita memberikan edukasi teknologi kepada anak-anak supaya bisa mengenal komputer lebih dini serta lebih siyap menjajaki era digital kedepannya, “ kata Eka salah satu anggota SIMA yang  kini menjabat sebagai Humas.

Kerap melaukan kegiatan sosial hingga edukatif, SIMA berharap Indonesia kedepan  akan lebih maju lagi dengan bibit-bibit muda sebagai tunas bangsa yang kreatif dan inovatif  demi Indonesia yang lebih baik dan unggul.