Jakarta – Wakil Presiden Millennium Challenge Corporation (MCC) pemerintah Amerika Serikat untuk Administrasi dan Keuangan (dan Ketua Badan) Cynthia Huger berkunjung ke Indonesia pekan ini untuk mengadakan serangkaian diskusi terkait penyusunan compact MCC baru, yang merupakan program dana skala besar berdurasi lima tahun. Desember lalu, Indonesia dinyatakan memenuhi syarat oleh Dewan Direksi MCC untuk menyusun compact MCC baru.

Dalam kunjungan mereka, delegasi AS bertemu dengan pejabat pemerintah Indonesia, masyarakat madani, dan pemuka sektor swasta untuk mendiskusikan pendekatan MCC dalam upaya menekan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi dan proses penyusunan compact.

“Saat kita merayakan 70 tahun hubungan bilateral yang jatuh pada tahun ini, kemitraan MCC dan Indonesia mencerminkan ikatan erat antara Amerika Serikat dan Indonesia,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr.

“Pada April tahun lalu, Indonesia sukses merampungkan compact MCC pertamanya, yang difokuskan pada upaya mengurangi stunting dan malnutrisi anak, meningkatkan energi berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya alam, serta memodernisasi sistem pengadaan barang pemerintah untuk menjamin kualitas produk dan efisiensi belanja negara,” ungkap Wakil Presiden (dan Ketua Badan) MCC Cynthia Huger. “MCC bangga dapat terus menjalin kemitraan kami dengan Pemerintah Indonesia seiring upaya kita untuk mengentaskan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi.”

Selama proses penyusunan compact multitahun ini, MCC dan pemerintah Indonesia akan bersama-sama melakukan analisis ekonomi secara mendalam untuk menentukan faktor-faktor utama yang menjadi penghambat pertumbuhan di Indonesia. Analisis ini akan menjadi rujukan penyusunan proyek-proyek MCC di bawah compact ini. Penyusunan program mencakup proses konsultatif yang melibatkan masyarakat madani dan sektor swasta di Indonesia.

MCC merupakan badan bantuan luar negeri inovatif pemerintah Amerika Serikat yang didirikan pada 2004, yang telah menandatangani compact dengan 35 negara di seluruh dunia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai MCC, kunjungi www.mcc.gov dan Instagram kami @mccgovus.