KabariNews – Tim Pacific Partnership 2016 kembali berkunjung ke Indonesia. Selain serdadu Amerika Serikat (AS), tim tersebut juga dilengkapi dengan personil militer dari negara mitra AS (Australia, Kanada, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan) dan beberapa anggota lembaga non-profit (Project Hope dan HOPE). Dengan menumpangi kapal rumah sakit USNS Mercy (T-AH 19), mereka berlabuh di Padang (Sumatra Barat) untuk menyelesaikan misi terakhir tahun ini. Dengan demikian, lima kali sudah Pacific Partnership singgah ke Indonesia dalam kurun waktu 11 tahun terakhir. Adapun kunjungan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan antar negara mitra dalam kerangka meningkatkan kerjasama multinasional di bidang bantuan kemanusiaan dan bencana. (HADR)

Selama dua minggu, tim Pacific Partnership bahu-membahu dengan pihak TNI, pemerintah sipil dan masyarakat Padang untuk mempererat hubungan dan meningkatkan kemampuan operasi melalui pelatihan bantuan kemanusiaan dan bencana (FTX). Berdasarkan keterangan yang dilansir oleh pihak Angkatan Laut AS, kegiatan yang melibatkan 200 peserta dari kedua belah pihak tersebut berlangsung dalam 5 fase. Kedua fase pertama pelatihan berlangsung di lapangan sepakbola Imam Bonjol (Padang) sebagai titik pengumpulan korban. Dalam fase ketiga, KRI Makassar (590) dan USNS Mercy beserta beberapa helikopter melakukan simulasi penyelamatan air di Pelabuhan Teluk Bungus. Fase keempat dan kelima berlangsung di sebuah perusahaan semen di pinggiran kota Padang. Di akhir pelatihan, peserta mendapatkan pelatihan untuk menangani kontaminasi kimia melalui simulasi ledakan.

Di samping menjalani pelatihan, personil Pacific Partnership juga melakukan kerja sama dengan pihak Indonesia dalam bentuk pertukaran ahli ilmu kedokteran, pelayanan kesehatan masyarakat, pembersihan pantai, simposium penanganan bencana, dan juga seminar berjudul Women, Peace, and Security.

Bertolaknya tim Pacific Partnership 2016 dari Padang menandai berakhirnya misi tahun 2016 yang mencakup 6 pemberhentian, termasuk Timor Leste, Filipina, Vietnam, Palau, dan Malaysia. Kini, USNS Mercy kembali mengarungi samudera untuk bertolak ke Pangkalan Militer AS di San Diego.