presiden.go.id

Kedatangan Walikota Kesennuma Jepang, Shigeru Sugawara ke Kantor Presiden di Istana Negara disambut baik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (12/11). Tak hanya bersilaturahmi, ternyata Sugawara punya tujuan lain yaitu ingin mengucapkan rasa terimakasih kepada Indonesia atas bantuan pasca bencana tsunami yang pernah melanda Kesennuma, Jepang beberapa tahun yang lalu.

Kepada Presiden SBY, Sugarawa memperlihatkan spanduk besar bertuliskan kata ‘Terimakasih’ dengan tulisan bahasa Indonesia dan Jepang sebagai bentuk rasa terimakasih pemerintah Jepang kepada Indonesia. Dan untuk mengapresiasi bantuan dari Indonesia, pemerintah Jepang tidak hanya mengucapkan rasa terimakasih. Sugawara mengatakan, dana sebesar US$ 2 juta yang diberikan SBY telah dimanfaatkan untuk membangun museum perpustakaan anak-anak  korban tsunami.  Museum tersebut diberi nama Museum Susilo Bambang Yudhoyono, sebagai bentuk apresiasi atas bantuan yang diberikan presiden Indonesia.

Kesennuma adalah kawasan di Perfektur Miyagi yang terkena dampak langsung tsunami pada 11 Maret 2011 lalu. Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter menyebabkan gelombang tsunami lebih dari 10 meter meratakan sejumlah prefektur seperti Miyagi, Fukushima, dan Iwate.

Pasca bencana tsunami yang menyebabkan kerusakan parah dan menelan korban jiwa hingga 18 ribu orang itu , kini Kota Kesennuma telah berangsur pulih. Beberapa bangunan, fasilitas umum dan rumah tinggal telah dibangun kembali.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59862

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero