Siapa yang tidak suka mendengarkan musik, selain dapat mewakili suasana hati Anda. Musik juga bisa bermanfaat bagi kesehatan, yang biasanya lebih dikenal dengan terapi musik. Berbeda dengan terapi lainnya, terapi ini lebih menekankan pada kinerja kognitif, tubuh yang sehat dan peningkatan emosional. Caranya pun sangat menyenangkan jika ada pasien yang sakit, mereka hanya diminta untuk bernyanyi, mendengarkan musik atau berbicara tentang musik. Berikut merupakan manfaat dari terapi musik untuk kesehatan.

1. Mengurangi depresi

Sebuah studi dari Finlandia bagaimana musik bermanfaat untuk pasien depresi, musik dapat menstabilkan gelombang  pada otak dan memiliki efek yang menenangkan, tapi peneliti menggarisbawahi, jika musik saja tidak bisa menyembuhkan pasien depresi butuh terapi dan dukungan khusus untuk mengobati depresi.

2. Mengurangi masalah sulit tidur

Insomnia ialah ketidakmampuan diri dalam membebaskan pikiran. Musik yang bergendre menenangkan dapat membantu Anda untuk bisa tidur. Khususnya musik dengan instrumen, klasik dan slow.

3. Menyehatkan jantung

Ketukan ritme dalam musik, dapat menstabilkan denyut jantung.

4. Melemaskan otot –otot yang kaku

Stres dan tekanan kehidupan sehari- hari mungkin bisa menggangu kesehatan. Contoh mudah misalnya membungkuk di atas komputer setiap hari, hal ini akan menyebabkan otot-otot leher dan bahu menderita. Tapi dengan mendengarkan musik dapat membantu kita lebih santai dan merilekskan otot-otot yang kaku

5. Membantu pasien anak

Musik bukan hanya sekedar bermanfaat bagi pasien dewasa saja, tapi juga membantu pertumbuhan gigi pada bayi. Musik juga menenangkan anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

6. Menyehatkan pencernaan

Walaupun musik tidak berefek langsung pada sistem pencernaan, namun para ahli kesehatan menilai, musik yang bersifat menenangkan mampu memproduksi asam seimbang sehingga melancarkan fungsi saluran pencernaan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67928

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan

 

 

 

 

 

.