Pernah mencoba cabe Jalapeno dan merasa kepedasan? Wah, itu belum ada setengah pedasnya dengan cabe Naga Jolokia ini. Jalapeno masih
di peringkat empat setelah Thai Pepper di peringkat tiga dan Red Dilli Habanero di peringkat dua. Dan di peringkat satu Naga Jolokia ini. Nggak heran sebutannya pun banyak, mulai dari Ghost Pepper sampai King Cobra. Guinness of World Records memasukkan sebagai cabe terpedas di dunia di tahun 2007.

Cabe terpedas ini tumbuh dan berkembang di wilayah timur India Utara yaitu di Assam, Nagaland dan Manipur. Memiliki beberapa nama, Nagahari. Naga Moresh, Naga Morich, Bhut Jolokia. Di Indonesia, orang menyebut cabe setan. Para pengamat menilai tingkat kepedasan cabe ini tergantung pada tanah dan iklim di India. Karena pada saat dibawa keluar dari India dan ditanam di daratan Amerika atau Eropa, kepedasannya berkurang. Meski tetap peringkat tertinggi tapi masih di bawah yang ditanam di negara asalnya.

Di India, pedasnya cabe ini dimanfaatkan pula untuk obat tradisional mengobati beragam penyakit sekaligus dipakai untuk menenangkan sekawanan gajah liar. Serta dijadikan semprotan untuk pertahanan diri yang bisa disimpan di tas. Para ilmuwan di India juga sudah uji coba sebagai penyemprot musuh yang digunakan oleh para angkatan bersenjata mereka

Di Sri Langka, cabe ini juga berkembang. Disebutnya Nai Mirris atau King Pepper. Hampir sama dengan di India, sebagian juga dimanfaatkan untuk pengobatan. Selain itu, mereka lebih banyak menjadikan cabe ini sebagai acar yang disajikan sebagai pelengkap makanan berat seperti daging panggang atau bakar.

Naga Jolokia ini bentuknya hampir sama dengan Habanero. Warnanya merah atau oranye dengan bentuk yang sedikit memanjang dan tak beraturan berbeda dengan cabe rawit atau cabe merah. Kalau dicermati yang membedakan adalah Naga Jolokia lebih tipis kulitnya dibanding Habanero. Dan tentu rasa pedasnya. Saking pedasnya, di Amerika sering dibuat kompetisi makan burger, pizza atau nachos dengan cabe Naga Jolokia. Kadang cukup dengan saus cabe botolan tapi sudah mampu membuat mulut dan hati seperti terbakar hebat.

Di Amerika, Naga Jolokia banyak ditemukan sebagai saus cabe botol. Tidak semua grocery store ada cabe ini, lebih banyak Habanero. Karena banyak perkebunan di Mexico, maka kita bisa menemukan cabe segar atau acar cabe botol di beberapa grocery store yang khusus menyediakan bahan dan bumbu makanan Spanish. (Riana)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?36845

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :