Musisi wanita Reggae Indonesia terbilang jarang bahkan mungkin tidak terlalu banyak terekspos dalam pemberitaan di media massa. Kendati genre musik ini di Indonesia terus bergelora, tak pernah padam  namun masih di dominasi oleh musisi pria.    

Nah, KABARI pun melakukan sedikit wawancara dengan Nath The Lions.  Nath sering disebut sebagai Queen of Reggae karena konsistensinya dalam musik reggae. Bahkan dirinya masuk sebagai Female Reggae Voice Jamaica.  

Sepanjang karir bermusiknya, Nath The Lions telah merilis beberapa album. Album perdananya  berjudul “Aminah Menjadi Berita” dan album kedua, “We Are Blessed.” Di tahun ini Nath The Lions merilis single ke-9 yang berjudul “Addicted”. Berikut petikannya.

Musik reggae, bagaimana Anda dapat mencintai genre musik ini?

Reggae yang mencintai saya.

Apa yang membuat reggae  begitu memikat Anda sehingga menjadi musisi reggae?

Musik reggae dimainkan dengan jiwa atau soul, karena reggae mengajarkan harus kuat menahan ego.

Sejauh ini sebagai musisi yang konsisten dengan genre ini, bagaimana Anda melihat perkembangan reggae di Indonesia saat ini dibanding dengan tahun awal Anda bernyanyi reggae?

Untuk perkembangan genre reggae di Indonesia sangat besar di awal tahun 2000-an dan komunitasnya pun besar, sempat  juga diliput oleh media Jamaicans Music dari Jamaica.

Reggae ini punya penikmatnya sendiri di Indonesia, tapi wanita yang menyanyikan konsisten genre ini mungkin bisa dibilang hanya ada Anda saja, bagaimana pendapatnya?

Sedikit sedih dan saya berharap ada regenerasi.

Diantara semuanya single yang pernah dirilis, manakah menurut Anda single yang sangat berarti dan spesial? Alasannya?

Single Blessing karena lagu ini penuh arti kasih sayang.

Adakah pengalaman yang tak terlupakan atau berkesan selama Anda pentas di panggung?

Yang berkesan salah satunya saat manggung dilempar ciu, ada masa yang menawarkan minuman namun waktunya kurang tepat, saat saya masih menyanyi.

Selain Bob Marley adakah musisi favorit atau inspirasi Anda, di dalam dan luar negeri?

Lucky Dube, Imanez, Steven and Coconuttrez.

Bisa sebutkan lima atau berapa saja album musik yang menjadi favorit Anda?

1. Bawa Aku, karena ini perdana saya punya karya, 2. YESSAAH (tak terpadamkan) tentang perjuangan para buruh, dan 3.Blessing karena lagu ini sangat dalam.

Adakah rencana ke depan untuk merilis single lagi atau album?

Untuk album dipending dulu, saat ini single-single saja.

Soal rilis single ke-9 yang berjudul “Addicted” bisa diceritakan?

Lagu ini  mengisahkan seorang yang kecanduan cinta atau bucin dan dibuat dengan nuasana upbeat reggae dan diramu oleh beat maker Ryan Julian yang juga bertindak sebagai Produser Musik.