New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) akan kembali digelar di kota New York. Acara yang diproduseri oleh Vanny Tousignant ini akan dilaksanakan dari tanggal 10-13 Februari 2023 di PIER 36 299 South Street  New York,  NY 10002. Berlangsung selama 3 hari,  acara akan diisi dengan mini exhibition, fashion show, pembukaan DIA Galery  di Wilmington, Delaware.

Berbeda dengan event sebelumnya, NYIFW kali ini menggandeng Indonesia Fashion and Art Festival (IFAF) yang dipimpin oleh Lina Marlina, istri wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum untuk membawakan brand fashion designer dari Indonesia

“Jadi akan ada 20 fashion designer  dari Indonesia yang berpartisipasi  di NYIFW yang  mana ada yang dari Bandung, Bali dan tiga kabupaten dari Sulawesi, Jawa Barat dan Jakarta. Selain itu ada juga 1  Rusia,” tutur Vanny kepada KABARI.

”Kita akan menyelengarakan di atas kapal yang dapat menampung ratusan orang dengan empat lantai. Biasahya fashion show itu diadakan di gedung tetapi NYIFW akan diadakan diatas kapal.”

Adapun NYIFW yang telah dilaksanakan sebanyak 12 kali ini akan mengambil tema nusantara.

“Tema nusantara kita ambil karena desainer yang mengikuti event ini beragam dan datang dari seluruh daerah di Indonesia, selain juga akan ditampilkan wastra nusantara tetapi dengan tetap mengikuti tema fashion dari New York Fashion Week, yaitu Fall Winter 2023,” tutur Vanny.

Vanny lewat New York Indonesia Fashion Week ingin membawa semua wastra Indonesia melalui karya fashion designer  Indonesia yang yunior maupun senior karena semuanya memiliki bakat yang potensial di bidang fashion.

“Kita berikan  fashion designer platform seperti New York Indonesia fashion Week.  Bisa dibilang kita satu-satu production di AS dan mungkin internasional yang mana diaspora Indonesia lah dibalik ini semua. Yang benar-benar produksi adalah diaspora untuk membuka pintu bagi fashion designer untuk datang ke AS dengan harga yang terjangkau,” tutur Vanny.  

Dengan adanya platform seperti New York Indonesia fashion Week ini para desainer yang ingin ke dunia internasional, memiliki wadah yang mana wadahnya itu memiliki nama dan kualitas yang baik.

“Kita punya lisensi dan mempunyai tempat jadi semuanya itu all in one. Apa yang  fashion designer impikan kita dapat wujudkan,” pungkasnya.

Baca juga.