Gubernur negara bagian New York Amerika Serikat Andrew Cuomo mengatakan penutupan bisnis  dan sekolah akan diperpanjang hingga 15 Mei dalam upaya terus mengurangi tingkat penularan virus corona atau Covid-19.

Cuomo mengatakan tindakan ini diambil melalui konsultasi dengan negara-negara bagian lainnya, yang akan bersama-sama mengevaluasi kembali setelah periode penutupan tambahan ini.

New York telah mengalami penurunan total rawat inap, intubasi, dan penerimaan perawatan intensif. “Kami telah menunjukkan bahwa kami dapat mengendalikan penyebaran virus,” katanya.

Gubernur menginstruksikan pemakaian penutup muka dengan mengatakan semua orang di negara bagian itu harus memakai penutup wajah saat menaiki transportasi umum dan saat menggunakan transportasi pribadi atau naik kendaraan sewaan.

Gubernur juga mengatakan negara akan membuka kembali bisnisnya selama beberapa minggu mendatang bekerja sama dengan negara-negara bagian lainnya, dan para pejabat akan menentukan bisnis apa yang dapat dibuka kembali terlebih dahulu dan bagaimana bisnis itu dapat memastikan keamanan pelanggan dan karyawannya.

“Kita harus melakukannya dengan cara yang tidak menaikkan tingkat infeksi dan menciptakan gelombang kedua virus,” katanya.

Di New York City, walikota Bill de Blasio mengatakan semua ruang publik akan tetap ditutup pada musim panas karena pandemi, dan pemerintah kota masih mempertimbangkan apakah akan membuka pantai.

“Saya tidak ingin menciptakan situasi di mana orang-orang mulai berkumpul,” katanya.

Negara bagian New York mengkonfirmasi  223.691 kasus Covid-19 dan 14.832 kematian dengan total kasus negara itu naik menjadi 667.225 pada Kamis, menurut penghitungan Universitas Johns Hopkins.