Produser Nicholas Saputra dan Happy Salma menyelenggarakan pementasan teater tradisi Sudamala. Setelah sukses dengan Sudamala: Dari Epilog Calonarang di Gedung Arsip Nasional, Jakarta pada 2022 lalu, tahun ini pentas tari Sudamala akan digelar di Solo, Jawa Tengah.

Happy Salma mengatakan, kesuksesan pertunjukan di Jakarta memberikan keyakinan yang luar biasa untuk kembali menyelenggarakan pementasan teater tradisi Sudamala.

“Kami sangat percaya diri dan dengan antusias penonton yang hadir di Jakarta kami langsung memutuskan untuk melakukan lagi. Lalu kenapa di Solo, jawabannya kenapa tidak? Karena kalua kita runut jauh leluhur kami pada tahun 1930-an sempat ke Solo dan melakukan orasi budaya dan setahun kemudian ke Paris membawa Calon Arang,” kata Happy Salam dalam konferensi pers Satu dalam Cita di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Happy menambahkan, Nicholas Saputra berkomunikasi dengan KGPAA Mangkoenagoro X untuk menggelar pentas Sudamala di Solo dan langsung disambut baik.

“Karya Calon Arang adalah sastra kuno dari Jawa yang berkembang di Bali dan nanti kita akan bawa kembali ke tempat asalnya. Kita ingin mengingatkan lagi bahwa Bali dan Jawa adalah Nusantara,” tambah Happy.

Nicholas Saputra menambahkan, pementasan Sudamala dibawa ke Solo karena Titimangsa sebagai penyelenggara tidak ingin menampilkan hanya sekadar pementasan.

“Nantinya tidak hanya pentas Sudamala tapi akan ada Pasar Kangen yang merupakan pasar rakyat yang menjual makanan tradisional yang sudah lama tidak kita temui. Jadi ada romantisme dan juga keriaan yang mengelilingi pementasan Sudamala, lalu ada juga Royal Heritage Dinner di mana Pura Mangkunegara akan menjadi tuan rumah,” jelas Nicholas Saputra.

Nicholas Saputra menambahkan, Titimangsa tidak bisa melakukan acara ini sendirian. Karena itu, Titimangsa menggandeng Katadata dan juga Pura Mangkunegaran pada event kolaborasi Satu dalam Cita.

“Kami sangat percaya kolaborasi adalah hal yang baik dan untuk menciptakan hal yang besar dan kompleks perlu semangat kolaborasi,” tambah Nicholas Saputra.

Satu dalam Cita merupakan rangkaian acara yang terdiri atas Pertunjukan SUDAMALA: Dari Epilog Calonarang (24 & 25 Juni 2023), Pasar Kangen (23-25 Juni 2023), Royal Heritage Dinner (23-25 Juni 2023) serta kegiatan kebudayaan lainnya yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran, Solo.

Baca Juga: