maduPanas dalam bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Kondisi kelelahan, gangguan pencernaan, gangguan tenggorokan, hingga ketidakseimbangan hormon, bisa ditandai oleh rasa panas di dalam tubuh. Sama halnya dengan badan lesu tidak bergairah panas dalam sering dikeluhkan banyak orang. Sariawan, bibir pecah-pecah, dan nyeri tenggorokan merupakan gejala khasnya.

Apa solusinya? Istirahat yang cukup, minum air putih dan mengasup makanan yang sehat dapat membantu mengembalikan kondisi badan. Ada pula cara tradisional yang biasa dipakai orang Indonesia, yaitu mengkonsumsi bahan-bahan alami untuk mengembalikan stamina. Berikut ini resep tradisional yang bisa dicoba untuk mengusir panas dalam.

Air kelapa hijau

Kelapa hijau dipercaya bisa menyembuhkan bermacam gejala penyakit salah satunya panas dalam. Di dalam terkandung banyak komponen alami yang menyehatkan, diantaranya glukosa, fruktosa dan sukrosa. Air kelapa juga mengandung asam amino glutamat, arginin, leusin, lisin, prolin dan sebagainya. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin seperti asam nikotinat, C, asam pantotenat dan sebagainya. Berbagai jenis kandungan komponen tersebut sangat cocok untuk dikonsumsi penderita panas dalam.

Telur ayam kampung

Orang Indonesia memanfaatkan telur ayam kampung bukan hanya untuk menambah stamina, tapi juga untuk menurunkan gejala panas dalam. Pada telur terdapat komposisi gizi seperti asam amino, vitamin E, dan lemak omega 3. Untuk mengkonsumsinya pun sangat mudah caranya. Anda hanya perlu merebus sebentar telur ayam kampung tersebut, kemudian jika sudah setengah  matang campurkan dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit. Setelah semuanya selesai, Anda pun dapat meminumnya.

Daun sirih

Daun beraroma khas ini memang terkenal dapat mengatasi masalah organ kewanitaan. Tapi lebih dari itu, ternyata rebusan daun sirih juga bisa berkhasiat mengatasi panas dalam. Ambil beberapa helai daun sirih lalu rebus dengan air secukupnya. Jika sudah mendidih angkat dan saring, dinginkan. Setelah dingin gunakan airnya untuk berkumur, niscaya dengan sendirinya panas dalam akan mereda.

Daun alang-alang

Daun yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi untuk meredakan panas dalam. Untuk membuatnya pun Anda tidak perlu repot-repot. Anda hanya membutuhkan daun alang-alang dan gula batu beserta air. Rebuslah daun alang-alang dengan satu liter air dan tambahkan gula secukupnya. Kemudian, saring rebusan air setelah dingin dan ramuan pun siap untuk diminum. Anda perlu melakukannya berulang kali sampai panas dalam Anda sembuh.

Madu dan sari lemon

Kedua bahan ini sejak dulu terkenal ampuh untuk mengatasi panas dalam. Cara meramunya pun mudah, pertama campurkan satu sendok air madu dengan perasaan lemon pada air hangat. Aduk rata lalu diminum. Obat herbal ini juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?62686

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan