Apakah orang tua perlu mengenalkan/mengajarkan Bahasa Indonesia kepada putra-putri? Seberapa pentingnya Bahasa Indonesia untuk anak-anak Anda?

Hani White, Philadelphia

Sangat penting mengajarkan bahasa Indonesia kepada anak anak, karena kemampuan dua bahasa atau lebih merupakan aset yang sangat berharga untuk masa depan anak tersebut.

Morini Anwar, Santa Rosa

Perlu sekali mengajarkan bahasa Indonesia untuk anak-anak. Lebih memudahkan komunikasi antara anak-anak dengan sanak saudranya yang berada di Indonesia. Hampir 300 juta orang menggunakan bahasa Indonesia, pasti suatu saat akan berguna untuk anak-anak di kemudian hari.

Ira Anugrah Hanapi Dwight, Albany

Penting buat saya karena akan sekaligus mengajar anak untuk mengenal kebudayaan ibunya dan lebih peka dan tidak terlalu liberal seperti umumnya orang Amerika asli yang tidak mempunyai darah campuran.

Herning RG, Sacramento

Saya aktif di komuniti Indonesia, salah satunya alasannya ingin menanamkan leluhur saya kepada anak-anak, supaya mereka juga menjiwai asal usul saya. Saya bersyukur, mereka kadang-kadang aktif juga meskipun tidak semaksimal yang saya harapkan. Bahasa Indonesia penting bagi saya, dan saya berusaha untuk bicara, membeli buku dan recording. Tapi karena kesibukan mereka sulit untuk belajar. Waktu anak saya masih kecil mereka biasa bicara bahasa Indonesia, tapi setelah mereka sekolah dan banyak aktivitas jadinya agak sulit mengikuti.

Ann Anny, Austin, Texas

Kalau menurut aku pribadi sih penting, karena aku sendiri ngomong sama anakku pakai bahasa Indonesia. Masih banyak keluargaku yang tinggal di Indonesia, so nanti kelak bisa berkomunikasi sama kerabat di Indonesia. Lagi pula kalau anak bisa menguasai lebih dari satu bahasa, itu akan lebih baik dan bisa jadi kelebihan atau nilai plus buat si anak untuk bekal masa depan.

Martin Chandrawinata, San Francisco

Sangat penting mengajarkan Bahasa Indonesia karena kita (orangtua) orang Indonesia dan itu our first language. Kita di rumah juga ngomong Indonesia dan maunya kalau dia ke Indonesia dia juga punya rasa cinta Tanah Air. It is always good to be able to speak another language.

Michael Liow, Los Angeles

Iya, menurut saya sangat perlu untuk mengajarkan Bahasa Indonesia kepada anak2 kita. Selain untuk tetap mempertahankan bahasa (yang termasuk budaya) tanah leluhur, Hal ini juga berguna pada saat anak kita berkomunikasi dengan kerabat di Indonesia, dan apabila anak kita berkunjung ataupun satu saat mungkin sekolah disana, mereka akan cepat beradaptasi. Jadi diusahakan semaksimal mungkin berkomunikasi dengan anak di rumah menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68735

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Mobil

Kabaristore150x100-3