PT Pangan Terbaik Indonesia adalah salah satu distributor, eksportir dan pemasok komoditas terbesar di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2019. Perusahaan ini selain mengkhususkan diri mengekspor produk Indonesia ke pasar internasional juga mendistribusikan produk ke pasar domestik.

Beberapa waktu lalu KABARI berkesempatan melakukan wawancara dengan Deni Mardiansyah, Direktur Pangan Terbaik Indonesia untuk berbincang mengenai serpak terjang PT Pangan Terbaik Indonesia memasarkan komoditas nusantara di luar negeri. Berikut petikannya.

PT Pangan Terbaik Indonesia, sudah berapa lama melakukan kegiatan bisnis ?

Sudah menjalankan ekspor hampir tiga tahun ini. Yang pertama bisnis ekspor ini banyak manfaat untuk kemajuan Indonesia dan membuka lapangan kerja untuk masyarakat Indonesia.

Sejak kapan didirikan dan apa alasannya?

Didirikan sejak tahun 2019 alasannya untuk challenge untuk diri saya sendiri.

Apa saja produk dari Pangan Terbaik Indonesia?

Produk yang sudah kita jalani ada berbagai macam, ada krupuk ada kemiri, gula merah, jagung, ketan hitam, kacang hijau, kacang tanah, beras merah, dan gula semut.

Bagaimana dengan marketing Pangan Terbaik Indonesia?

Teknik marketing yang pertama kita ada berbagai macam cara dari online dan juga kita ikut pameran internasional, sejauh ini ke pasar ekspor, kemana? Sejauh ini baru ekspor ke Arab Saudi lalu repeat order dan buyer baru ini dari Hongkong.

Sejauh ini respon konsumen?

Untuk respon buyer disana cukup baik jadi pergerakan penjualannya cukup baik apalagi setelah Pandemi melandai, jamaah haji /umroh makin tinggi dan penjualan makin naik juga.

Bagaimana menghadapi kompetitor?

Kompetitor pasti ada baik dalam negeri maupun luar negeri, yang di dalam negeri saya sebisa mungkin merangkul sesama pembisnis supaya harga kita yang di Indonesia ini tidak saling menjatuhkan tapi saling membantu.

Apa keunggulan dari Pangan Terbaik Indonesia?

Keunggulan disini harganya yang pasti kompetitif dengan packaging atau rivers yang sesuai yang standar dari permintaan negara tujuan.

Apa rahasia keberhasilan dari usaha yang Anda jalankan?
Keberhasilannya Insyaallah jalan yang diberi oleh Allah, jadi awal melangkah usaha itu diniatkan karena Allah.

Apa suka duka jalani usaha ini?

Suka dukanya terkadang harga itu fluktuatif jadi supplier kita lagi naik harga ekspor itu tetap jadi terkadang kita harus berputar otak untuk menutupi barang yang sedang naik untuk di balance sehingga customer tetap mendapatkan harga yang sama.

Apa kiat sukses bagi pembisnis atau wirausaha bagi pemula?

Bagi pemula kiatnya harus langsung dicoba jangan terlalu banyak untuk berpikir untuk planning, planning boleh tapi jangan terlalu banyak perhitungan, langsung saja lakukan, ikhtiar dan totalitas serta jangan lupa berdoa.

Harapan kedepannya?

Harapan kedepannya tentu kita mau memperluas lagi jaringan yang di luar negeri untuk menjual lebih banyak ke negara lain dari sisi pemerintah supaya meringkaskan regulasi untuk prosedur eksportnya. (Kabari1008)