Setelah vakum selama 2 tahun akibat adanya pandemi Covid-19, Parade Bunga tahunan dalam rangka perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) kembali diselenggarakan tahun ini. Selain Parade Bunga, acara Surabaya Vaganza guna menyemarakkan HJKS yang ke-729 juga kembali menampilkan Pawai Budaya, Festival Rujak Uleg, Dayung Perahu Sampan Sprint, dan juga Shopping Festival.

Berbeda dengan sesaat sebelum pandemi, Parade Bunga kali ini hanya diikuti kurang lebih 16 mobil hias saja. Menurut pihak Pemkot Surabaya selaku panitia, terbatasnya jumlah peserta tahun ini dikarenakan oleh banyaknya komunitas yang belum bisa bergabung, Meski demikian, jumlah kendaraan hias yang tidak sebanyak biasanya tidak mengurangi antusiasme warga untuk turun ke jalan dan turut meramaikan pawai kendaraan hias ini. Rute parade pun lebih pendek dibanding tahun-tahun terdahulu, yakni dari Siola di bilangan Tunjungan hingga ke Alun-alun Surabaya.

Parade Bunga yang mengusung tema Surabaya Vaganza 2022 ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dimulai sekitar pukul 15.30, arak-arakan diawali dengan penampilan marching band Gita Swara Samudra dari Politeknik Pelayaran Surabaya. Di deretan awal parade, tampak kendaraan hias dari beberapa institusi pemerintahan, di antaranya Diskominfo Kota Surabaya, Polrestabes Surabaya, Telkom, Bank Mandiri, Pelindo, dan Bank Jatim. Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya juga tak ketinggalan dengan kendaraan hiasnya yang berbentuk Komodo raksasa. Dari pihak swasta, nampak kendaraan hias berbentuk patung kuda yang disponsori oleh Citraland dan mobil hias berbentuk cangkir raksasa dengan logo Kopi Kapal Api.