KabariNews – Pare adalah salah satu dari beberapa sayuran yang mempunyai rasa khas. Rasanya yang cukup pahit menjadi alasan kenapa pare kurang disukai. Tapi jangan salah, jika bisa mengolahnya pare juga enak dikonsumsi, bisa dimasak oseng, bisa juga dijadikan bahan tambahan siomai, bakso dan juga direbus untuk lalapan.

Meski kurang bersahabat di lidah, masyarakat Indonesia memanfaatkan pare bukan hanya untuk dimasak saja, karena dibalik rasanya yang pahit banyak khasiat yang bisa didapatkan. Manfaatnya bermancam-macam, selain menguntungkan tubuh untuk obat beberapa penyakit, pare juga terkenal untuk mempercantik kulit. Kandungan gizi yang ada pada pare antara lain kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, C, dan air. Karena kandungan senyawa dan gizi di dalamnya tersebut, maka tanaman ini banyak dimanfaatkan bagi kesehatan.

Masih takut pahit? Sebenarnya ada cara untuk mengurangi rasa pahitnya, cukup dengan menambahkan sedikit garam pada pare yang sudah dipotong-potong, kemudian diaduk (diremas) lalu cuci bersih. Jangan khawatir, berkurangnya rasa pahit pada pare tidak mengurangi khasiat yang terkandung. Berikut ini ada beberapa khasiat pare yang perlu diketahui.

ANTI KANKER

Penelitian pernah dilakukan oleh Saint Louise University, Amerika Serikat. Mereka membuktikan, bahwa pare bisa dimanfaatkan untuk mematikan atau mencegah sel kanker. Pada penelitiannya, para ahli menggunakan pare mentah dan mengambil sarinya. Sari pare kemudian direaksikan pada sel kanker payudara, dan terbukti pare dapat membunuh sel kanker tersebut. Dikutip dari situs Healthday, meski baru diujicobakan di laboratorium saja (belum pada manusia), namun para peneliti menjamin pare yang dikonsumsi juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko terkenanya kanker payudara, bahkan hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil penelitian di laboratorium.

MEMBANTU PENGOBATAN DIABETES

Pare dikenal mampu mengatasi penyakit diabetes. Tentu saja diabetes yang dimaksud adalah diabetes dalam fase yang masih ringan. Si penderita diabetes belum tergantung kepada suntikan insulin. Sayuran pare memiliki zat sejenis glikosida dengan nama momordisin. Zat ini mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan berperan dalam produksi insulin oleh pankreas. Pare aman dikonsumsi, sekalipun dalam jangka panjang, karena di dalam pare tidak terkandung senyawa berbahaya. Berbeda dengan obat-obatan kimia yang sudah pasti akan menimbulkan efek samping bila dikonsumsi terus menerus.

MERAWAT KULIT

Kebanyakan masalah kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari yang dapat membuat wajah menjadi cepat berkerut, kusam dan berbintik hitam. Kondisi tersebut bukannya tidak bisa dirubah dan dicegah. Ada satu cara untuk mencegah kerusakan wajah tersebut yaitu dengan melakukan perawatan khusus pada wajah menggunakan masker pare secara teratur. Masker pare dipercaya dapat membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat dari paparan sinar ultraviolet. Masker pare juga bisa digunakan untuk antiaging alami, karena di dalam pare terdapat banyak kandungan protein, minyak lemak, albiminoid, asam dammar, karbohidrat, vitamin A, B1, dan C yang sangat baik untuk kulit.

PELEGA PERNAPASAN

Bagi yang sering sesak napas, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi pare. Rasanya memang kurang bersahabat di lidah, tapi jika dikonsumsi secara rutin, pare ampuh melegakan pernapasan. Zat yang terkandung dalam pare dapat memperbaiki sel-sel pengecap pada saluran pernapasan agar bergerak lebih lebar. Dengan begitu saluran pernapasan pun menjadi lebih longgar sehingga sirkulasi udara lebih lancar.

PENURUNAN BERAT BADAN

Pare mengandung kalori rendah. Untuk itu pare juga bisa dijadikan salah satu menu untuk Anda yang tengah menjalani diet atau menurunkan berat badan. Untuk menawarkan rasa pahitnya, gunakan garam dapur seperti petunjuk pada pembuka. Jika benar pengolahannya, pare enak dikonsumsi dan bisa dimasak dengan bahan sayur lainnya.

MANFAAT LAIN

Di dalam pare terkandung serat, vitamin C, karoten dan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Gangguan BAB (buang air besar) bisa diatasi dengan mengkonsumsi sayuran pahit ini. Ekstrak pare biasa digunakan sebagai pembasmi alami larva nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan demam berdarah. Mengkonsumsi pare secara rutin juga terbukti dapat menaikan imun tubuh agar lebih kebal terhadap serangan virus. (1001)