patung lilin Bung Karno koleksi Museum Tussauds Hong Kong

patung lilin Bung Karno koleksi Museum Tussauds Hong Kong

KabariNews – Kabar tentang patung lilin Presiden ke 7 RI Joko Widodo akan dipajang di Museum Tussauds Hong Kong semakin santer terdengar. Berita ini bahkan banyak ditulis di berbagai media nasional. Ternyata memang benar, mantan Gubernur DKI Jakarta yang akhirnya terpilih menjadi Presiden RI tersebut akan dibuatkan patung lilin, menyusul Ir. Soekarno yang telah lebih dulu menjadi koleksi sosok tokoh berpengaruh di dunia yang disimpan di Museum Tussaunds Hong Kong.

Hal ini dibenarkan Kepala Sekretaris Presiden Darmansjah Djumala, yang mengatakan pihak museum tengah mengajukan perizinan pada pihak Istana untuk mengukur badan dan rincian lain dari tubuh Presiden Jokowi. Djumala mengatakan dipilihnya Presiden Jokowi untuk dibuatkan patung, berdasarkan hasil poling yang dilakukan museum Madem Tussauds. Melalui poling kategori ‘World Leader’, nama Joko Widodo menjadi tokoh nomor satu pilihan pengunjung, atas pertanyaan ‘Untuk tahun 2016, siapakah tokoh dunia yang pantas dibuatkan patung lilin dan dipajang di museum?’.

Jika sosok patung lilin Bung Karno, tampil gagah dengan seragam militer putih, yang menjadi ciri khas sang Proklamator, pihak Istana meminta museum bersedia menonjolkan karakteristik dan figur yang selama ini melekat dalam diri Jokowi, yaitu sederhana dan merakyat. Menandai identitas Indonesia, di patung lilin Presiden Jokowi nanti juga akan dikenakan batik sebagai simbol kekayaan tradisional bangsa Indonesia.

Tak hanya satu batik, sesuai kesepakatan Istana dan museum, setiap dua bulan atau tiga bulan sekali pakaian yang dikenakan pada patung lilin akan diganti  dengan baju kebesaran Presiden lainnya. Misalnya kemeja putih yang menjadi ciri khasnya dan beberapa kemeja motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Djumala, Jokowi dipandang sebagai Ikon baru yang mewakili negara berkembang di Asia Tenggara. Rencana pembuatan patung lilin Jokowi dinilainya memberikan keuntungan bagi negara Indonesia. Selain mengangkat citra Jokowi sebagai pemimpin negara, pembuatan patung itu dinilainya akan meningkatkan citra Indonesia di mata dunia.