Staf Khusus Presiden Ayu Kartika Dewi menggelar acara diskusi Gimana Caranya Ngajak Orang Bergerak?” bersama Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI, Najelaa Shihab (Inisiator Semua Murid Semua Guru) Alfatih Timur/Timmy (Founder KitaBisa.com), dan William Utomo (Founder & COO IDN Media).

Acara dibuka dengan doa bersama lintas agama dan kepercayaan dan dilanjut dengan ngobrol bareng. Acara ngobrol sore yang dihadiri kurang lebih 500 peserta ini membahas tentang motivasi dan suka dukanya ngajakin orang bergerak untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat buat sesama.

Semua pembicara sepakat kalau kegelisahan akan suatu kondisi adalah motivasi awal untuk bergerak. Dalam konteks sebagai pemimpin lembaga negara, Sri Mulyani Indrawati berpesan untuk tidak pernah lelah mencintai Indonesia walaupun banyak problem yang harus dibenahi.

Sri Mulyani menuturkan,“Selama 12 tahun tinggal di luar Indonesia, membuat saya punya perspektif yang lebih luas dalam melihat problem di Indonesia, “ tutur Sri Mulyani Menteri Keuangan RI.

Selain itu, Timmy juga menambahkan kenapa awalnya tergerak bikin KitaBisa.com karena sempet disuudzonin.

“Dulu waktu masih mahasiswa saya jualan untuk ngumpulin donasi, terus orang pada suudzon dananya bakal dipakai untuk apa,” terang Timmy Founder KitaBisa.com.

Memulai suatu gerakan itu memang gak mudah, tapi bukan berarti gak ada sukanya. Semua sepakat kalau melihat dampak dari apa yang kita kerjakan jadi penyemangat di tengah lelahnya bergerak dan mendapat kritik atau bahkan cemoohan.

William selaku Founder & COO IDN Media menambahkan,“Kalau diacaranya IDN Times, biasanya saya duduk bareng penonton, jadi bisa langsung dengerin komentar mereka dan itu jadi penyemangat,”katanya.

Timmy juga sepakat kalau melihat adanya perubahan bisa memvalidasi semangat dan mencegah gerakan kita jadi placebo, melainkan mengobati.

Najelaa atau yang akrab disapa Elaa menambahkan,“Never take everything personally. Membiasakan diri nyari feedback, jangan ngerasa paling keren. Ada kritik yang konstruktif dan berguna, ada yang tujuannya menjatuhkan. Learn what to ignore. Jadi penggerak harus bisa bedain itu,” ungkapnya.

Lebih jauah Ayu menjelaskan #AjakGerak ini dibuat untuk ngajakin komunitas/organisasi yang punya program keren untuk daftarin programnya.

Ayu bakal mendonasikan sebagian gajinya sebagai Staf Khusus Presiden dan ngajak kalian berdonasi lewat KitaBisa dan daftar sebagai relawan lewat Indorelawan untuk bantuin komunitas/organisasi yang terpilih.

Ayu membuat #ajakgerak karena inginpay it forward. Tahun 2012, Ayu ikut kompetisi ide dan mendapatkan sejumlah uang sebagai dana awal bergeraknya SabangMerauke. Dana awal ini memberi semangat agar Ayu terus bergerak.

Nah, sekarang Ayu ingin membantu komunitas/organisasi lain dan ingin dengar langsung concern anak-anak muda tentang apa yang bikin mereka risau sekalian ngasih mentoring.

Buat komunitas/organisasi yang mau ikutan AjakGerak, pendaftarannya dibuka setiap tanggal 1-15 dan pengumuman pemenang dan tema bulan berikutnya setiap tanggal 25. Tema bulan September adalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jadi, program apapun yang punya kaitan dengan PJJ bisa segera daftar.

Buat komunitas/organisasi yang belum punya program terkait, tungguin tema-tema di bulan berikutnya!Buruan daftarin program kalian di: bit.ly/ngajakgerakInfo lebih lengkapnya bisa cek di highlight IGS @ayukartikadewi atau cek hashtag #ajakgerak