MNC Pictures kembali mempersembahkan film terbarunya yang berjudul Preman Pensiun, melanjutkan cerita dari serial televisi favorite ke versi layar lebar merupakan tantangan bagi sutradara dan penulis naskah Aris Nugraha. Apalagi sudah tiga tahun serial Preman Pensiun tak ditayangkan lagi. Tentu banyak penggemar yang rindu dengan kehidupan Muslihat (Epy Kusnandar) bersama mantan anak buahnya.

Gobang (Dedi Moch Jamasari) kembali ke pasar setelah tiga tahun pulang kampung untuk membuka usaha peternakan lele. Kehadiran Gobang disambut pertanyaan rekan-rekannya seperti Ujang (M Fajar Hidayatullah), Bohim (Kris Tato) dan Dikdik (Andra Manihot). Gobang Ternyata ingin menyelidiki kasus pengeroyokan yang menewaskan adik iparnya.

Selain seru dan menegangkannya penyelidikkan tentang kematian adik ipar yang dilakukan Gobang, kisah tentang keluarga muslihat dan Esih (Vina Ferina) pun menarik diikuti, termasuk pertemuannya kembali dengan Kinanti (Tya Arifin) anak Kang Bahar (almarhum Didi Petet). Kelucuan hubungan Dikdik dan Imas (Soraya Rasyid) serta kekompakan Pipit (Ica Naga) dan Murad (Deny Firdaus) melengkapi kisah di film ini.

Berbeda dari kebanyakan film yang diproduksi MNC Pictures, gala premier film ini dirilis di dua kota, yaitu Jakarta dan Bandung. Bandung dipilih sebagai kota kedua penayangan perdana film ini karena memiliki nilai historis tersendiri. Sama seperti versi serial televisinya, Bandung dijadikan kota utama berlangsungnya syuting film Preman Pensiun.

Latar belakang Budaya Sunda juga menjadi pertimbangan pihak rumah produksi untuk melakukan gala premier di Bandung, Jawa Barat.

Kisah di film Preman Pensiun dibuat lebih kompleks namun tidak meninggalkan ciri khas versi serial televisinya. Komedi setir yang dikemas dalam dialog-dialog yang ringan dan pas, masih kental disajikan di film Preman Pensiun yang bisa disaksikan keluarga Indonesia.

Film Preman Pensiun tayang serentak di Bioskop mulai tanggal 17 Januari 2019.