Sejarah IndoMichigan Picnic

IndoMichigan group pada awalnya adalah perkumpulan beberapa Engineer yang bekerja di Perusahaan Automobile Ford yang berlokasi di Detroit, Michigan pada tahun 2001.

Pada awalnya kumpulan ini hanya kumpulan Kecil yang tujuannya agar warga Indonesia yang tinggal di michigan dapat menjalin kebersamaan. Mereka kumpul untuk makan siang bersama di restaurant atau dirumah secara bergantian, kadang mereka kumpul di park.

Nama-Nama pioneer dari group ini adalah : Henky Khoe, Ketut Wisdnyana, Harry Tedjoputranto, Reza Halim, Mira Widodo, Poppy Linawati, Lani Wuysang, Sophian Kurniawan, Agus Sudjianto, Daisy Kosim, Lindawati Tan, Hartono Santoso. Nama beberapa pioner yang Sudah balik ke Indonesia.

Setelah beberapa tahun group ini semakin membesar. Pada tanggal 27 Agustus 2005 mereka mengadakan gathering atau kumpul bersama warga Indonesia bersama dengan keluarga. Tahun 2007 official name menjadi : IndoMichigan – 17 Agustus 2007.

Perayaan 17 Agustus 2019

Acara pelayanan 17 Agustus di Michigan diadakan pada tanggal 10 Agustus 2019 Pukul 11 am – 3 pm.  Acara diadakan di  Pavilion, Plymouth Park. 46640 Ann Arbor Trail, Plymouth, MI 48170.

Acara dihadiri oleh masyarakat Indonesia yang berada di Michigan, Ohio, Indiana, Chicago Dan sekitar. Acara ini terbuka untuk umum, kita menyebarkan undangan melalui e-mail, Facebook invitation dan Flyer yang kita buat sehingga kita bisa mengundang international friends kita dari negara-negara  lain yang mungkin tertarik hadir ke acara ini. Beberapa international friend yang hadir  dari Jepang, Mexico, Peru, China, Brazil, Vietnam yang tinggal di Michigan.  Jumlah peserta yang hadir sekitar 300 orang.

Dalam acara ini kita mengundang Consular General Indonesia Chicago / KJRI Chicago. Dalam acara ini Ibu  Rosmalawati Chalid Consular General hadir dan memberikan kata sambutan dan juga melakukan pemotongan nasi tumpeng. Ibu Rosmalawati hadir bersama beberapa staff KJRI. Dalam hal ini KJRI Chicago juga kita minta kesediaannya memberikan pelayanan. Konsular bagi warga Indonesia yang berada di Michigan, Ohio, Indiana dan sekitar. Acara kita tahun ini juga di hadiri oleh Bapak Martino Tangkar, President of IDN-USA.

Event Coordinator untuk acara  17 kita tahun ini  Lidya Schalhamer,  team leader lainnya adalah Sandra Nursilo, Lani Krispin, Tia D,  Lina Cantwell, Christian Darmahkasih, Tri Heat, Carol, Brian Schalhamer, Parlin,  Bapak Henky Khoe, Ibu Daisy, Bapak Djono beserta volunter lainnya.  Acara 17 an kita tahun ini  kita melakukan Upacara bendera dan menaikkan bendera merah putih sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara  dimeriahkan dengan tari-tarian traditional Indonesia oleh Ibu Lani Krispin and Ibu Ria Love yang merupakan perwakilan dari Sanggar Bhinneka Tunggal Ika – Michigan. Tahun ini untuk pertama kalinya kita mengadakan lomba pakaian tradisional untuk anak-anak.

Dalam acara ini kita mengadakan Lomba-lomba traditional Indonesia seperti : tarik tambang, Bakiak, Sedotan+ Karet, Bola tenis, dan lomba traditional Dance.

IndoMichigan bukan organisasi melainkan kumpulan masyarakat Indonesia yang berada di Indonesia dan sekitar. Dikarenakan bukan organisasi maka dari itu dana untuk acara pelaksanaan acara ini kita adalah dari kita kita. Panitia dan peserta yang hadir membawa makanan dalam bentuk potluck. Makanan yang dihidangkan seperti Opor, rendang, Telor balado, Nasi, lemonade dan berbagai makanan Indonesia lainnya. (Martino)