IDN – Greater Austin sejak berdirinya pada tahun 2013,  selalu memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia bersama masyarakat Diaspora Indonesia di Austin Raya dan sekitarnya.

Acara peringatan-peringatan 17an ini dirasa perlu untuk diadakan setiap tahunnya, mengingat betapa cintanya kami terhadap tanah air Indonesia, dan tentunya juga untuk mengingat betapa gigihnya  perjuangan para pahlawan kita dalam meraih kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Selain itu juga untuk memupuk rasa kebersamaan kami sebagai Diaspora Indonesia yang jauh dari tanah air.

Pada tahun ini, tepatnya hari Sabtu, tanggal 24 Agustus 2019 perayaan 17an kami dilaksanakan di Elizabeth Millburn Park, Cedar Park, kira-kira 15 menit dari kota Austin. Dihadiri oleh kurang lebih 350 orang masyarakat Diaspora Indonesia di Austin Raya,dsk. Untuk tahun ini peringatan 17an kami mendapat kehormatan dengan hadirnya Bapak Martino Tangkar selaku President IDN – USA, dan Ibu Arie Quick selaku Bendahara IDN – USA.

Berbagai kegiatan yang berlangsung dalam acara tersebut, antara lain; Prosesi Bendera dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Detik-Detik Proklamasi, penjualan makanan/masakan Indonesia, yang sedap-sedap oleh 15 orang  vendors kulinary, bahkan ada penjualan tanaman khas Indonesia seperti pohon kunyit, kemangi, pepaya, melati, dlsb. Ada pula penjualan busana Batik dan Ikat. Games/ Perlombaan untuk anak-anak; berupa balap karung, makan kerupuk,dsb. Art and Crafts juga untuk anak-anak. Live music dan dance performance. Biasanya kami isi pula dengan lomba karaoke. (Martino)