Pada tanggal 18 Agustus 2019, Indonesian Diaspora Network Greater Seattle (IDN-GS) mengadakan acara Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 di Lakemont Community Park di Bellevue, WA.

Acara Tujuh Belasan yang dihadiri lebih dari 350 orang Diaspora Indonesia yang tinggal di Seattle berlangsung sukses dan meriah. Acara ini juga dihadiri oleh Konsul Jendral Republik Indonesia di San Francisco yaitu Bapak Simon Soekarno yang juga menjadi Inspektur Upacara pada hari itu. Bapak Martino Tangkar selaku Ketua Indonesian Diaspora Network USA beserta Ibu Arie Quick selaku Bendahara IDN-USA juga berkenan hadir di acara Tujuh Belasan ini.

Sebelum Upacara Bendera Tujuh Belasan, acara diawali dengan kata sambutan dari Greg Dwidjaya selaku Ketua Panitia yang juga adalah Ketua Indonesian Diaspora Network Greater Seattle.

Upacara Bendera berlangsung hikmad dan lancar. Pengibar bendera adalah tiga mahasiswa Diaspora Indonesia yang bersekolah di Seattle. Pembacaan Teks Proklamasi dan Teks Pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh petugas. Pancasila dilakukan oleh Konjen Bapak Simon Soekarno. Hadirin juga mendengarkan kata sambutan dari Bapak Martino Tangkar dan Bapak Simon Soekarno. Semua hadirin sangat senang dan bangga mengikuti Upacara Bendera ini karena hanya ada setahun sekali di Seattle.    

Setelah Upacara Bendera selesai, seluruh hadirin makan siang bersama yang kemudian dilanjutkan dengan permainan tradisional acara Tujuh Belasan yaitu lomba Makan Kerupuk, lomba Balap Karung dan lomba Tarik Tambang. Anak-anak dan dewasa terlihat semangat dan senang mengikuti lomba-lomba ini. Ada satu lomba tambahan yaitu Hias Nasi Kuning Tumpeng.

Di acara Tujuh Belasan ini panitia menjual raffle ticket seharga $2 dengan hadiah-hadiah menarik sumbangan panitia dan Diaspora Indonesia di Seattle. Acara Tujuh Belasan di Seattle ini selalu gratis karena panitia selalu ingin Diaspora Indonesia dan warga Indonesia lain yang tinggal di Seattle bisa hadir berkumpul bersama untuk ikut Upacara Bendera, bergembira ikut lomba-lomba dan makan bersama tanpa memikirkan biaya masuk. Acara ini juga diadakan untuk meneruskan tradisi perayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya. (Martino)