Jika berencana untuk menjalani operasi plastik jenis apa pun termasuk operasi plastik maka Anda harus tahu bahwa sebelum melakukan operasi plastik seperti implan payudara dan sedot lemak dianjurkan untuk berpuasa.

“Pasien yang akan melakukan tindakan operasi plastik diwajibkan untuk melakukan puasa 8 jam sebelum operasi dikarenakan ini berlaku untuk semua pasien yang melibatkan anastesi (bius),” tutur Rika yang berprofesi sebagai Beauty Konsultan Bedah Plastik ini.

Rika mengatakan dokter memiliki alasan, yaitu pasien bisa muntah ketika berada di bawah pengaruh anestesi. Pasien tidak punya kontrol karena masih dalam pembiusan jadi tenggorokan atau kerongkongan hal ini berisiko pasien menghirup muntahan ke dalam paru-paru dan dapat menyebabkan komplikasi seperti pneumonia dan kesulitan bernapas.

“Sebaiknya 1 minggu sebelum melakukan operasi berhenti minum vitamin, suplement, omega 3, dan obat herbal lainya. Mengapa? karena mengonsumsi ini bisa mengakibatkan darah menjadi encer ini akan memperhambat penyembuhan dan kemungkinan lainnya. Dan juga obat dari anestesi tidak akan diterima dengan baik reaksi pada tubuh,” tambah Rika.

Lanjutnya, pasien juga diwajibkan melakukan cek lab untuk syarat utama dari tindakan operasi ini seperti Darah Lengkap (Hematologi lengkap,PT,APTT,HbsAg,Anti HIV,Gula Darah Sewaktu,SGOT,SGPT, Natrium,Kalium,Creatinin,Ureum dll).

“Demikian saran dokter yang dianjurkan kepada pasiennya. Jika pasien mengidap penyakit bawaan pasien wajib info ke dokter dan harus mendapatkan surat referensi persetujuan dari dokter spesialis bahwa pasien boleh melakukan tindakan bedah plastik,” tuturnya.

Adakah pantangan makanan sebelum melakukan operasi plastik? Rika mengatakan untuk pantangan sebelum melakukan operasi tidak ada pantangan hanya saja dihindari seperti minuman alkohol dan mengurangi rokok atau jika bisa berhenti merokok.

Akan halnya setelah melakukan operasi plastik pasien tidak disarankan berpuasa lagi, sebaliknya pasien sudah boleh konsumsi vitamin dan makan-makanan sehat lainnya.