KBRI Washington DC menyelenggarakan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang dipimpin oleh Duta Besar RI untuk AS, Rosan Perkasa Roeslani.

Bertempat di lapangan Wisma Indonesia, upacara yang dalam dua tahun terakhir dilaksanakan secara terbatas dan minimalis, kali ini dibuka kembali untuk masyarakat umum. Lebih dari 150 WNI dan diaspora Indonesia hadir mengikuti upacara yang telah dinanti-nantikan sebagai momen khusus setiap tahunnya.

“Kami memahami penantian masyarakat Indonesia untuk hadir secara langsung pada upacara 17-an. Apalagi dua tahun terakhir hanya bisa diikuti secara livestream melalui layar gadget masing-masing” ujar Dubes Rosan yang telah bertugas sebagai wakil Pemerintah Indonesia di AS sejak Desember 2021.

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Mayor Marinir Aristoyuda, Perwira TNI Angkatan Laut yang tengah menekuni pendidikan Command and Staff College di U.S. Marine Corps University (USMCU) di Quantico, Virginia.
Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun ini diturunkan dengan jumlah anggota sebanyak 17 orang. Mereka telah mengikuti latihan secara intensif sejak awal bulan Juli 2022, dan merupakan putra-putri staf KBRI dan diaspora

Indonesia di AS yang berusia mulai 13 sampai 19 tahun. Isaac Kaawoan, anggota Paskibra termuda yang baru genap berusia 13 tahun pada Mei 2022 ini menceritakan pengalamannya selama menjalani latihan. “Sebelumnya saya belum tahu latihan Paskibra itu seperti apa. Para pelatih sangat suportif kepada kami, sehingga saya yakin dapat mengikuti dengan baik. Mereka juga memastikan kesiapan kami tiap saat, terutama dalam menjaga kesehatan”.

Upacara tahun ini juga dimeriahkan dengan penampilan Tim Aubade yang terdiri dari 35 anak-anak Indonesia. Dengan mengenakan busana dari berbagai daerah di Indonesia, mereka dengan riang menyanyikan 18 lagu, mulai dari lagu nasional sepertj Hari Merdeka dan Maju Tak Gentar, hingga lagu daerah seperti Bungong Jeumpa (Aceh), Injit-injit Semut (Jambi), Manuk Dadali (Jawa Barat), serta Sajojo (Papua).

Perayaan HUT ke-77 RI di Washington DC tahun ini diramaikan dengan sejumlah kegiatan yang diikuti oleh masyarakat dan diaspora Indonesia. Mulai dari kegiatan olahraga seperti jalan sehat, bowling, sepeda santai, badminton, tenis meja, hingga parade “Cantik Berkebaya” yang baru-baru ini diadakan di kawasan National Mall, pusat kota Washington, D.C. pada 7 Agustus 2022.

Penutupan rangkaian perayaan nantinya akan digelar pada acara Bazaar dan Panggung Gembira pada Minggu, 21 Agustus 2022 bertempat di Wisma Indonesia.