bendera merah putih

Gempita perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus selalu disambut antusias oleh rakyat Indonesia. Tidak hanya dengan upacara bendera yang setiap kali dilakukan di sekolah, kantor-kantor pemerintahan sampai upacara di Istana Negara yang dipimpin oleh presiden, para pecinta alam pun siap menggelar upacara  bendera di gunung.

Sekitar 1.500 pendaki gunung, rencanannya besok (17/8) akan mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-68 di Gunung Semeru. Mengingat status Gunung Semeru masih belum aman, maka upacara akan digelar 3 tempat, yaitu di Ranupani, Ranukumbolo dan Kalimati.

Hampir setiap tahun peringatan HUT RI di Gunung Semeru dilakukan. Kepala Balai Besar Taman Semeru, Ayu Dewi Utari mengatakan, sudah ada 1.500 orang yang mendaftarkan diri untuk ikut upacara kemerdekaan RI. Jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu yang hanya 1.300 orang. Peserta yang mendaftar adalah kelompok-kelompok pecinta alam dari berbagai wilayah di Indonesia.

Pendaftaran online

gunung semeru

Sebelumnya, demi kemudahan para pendaki untuk mengikuti upacara bendera di Semeru, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru membuka layanan pendaftaran pendakian Gunung Semeru secara online sejak tiga bulan lalu.

Setelah mendaftar secara online, para pendaki dapat mengisi biodata rombongan yang terdiri dari tiga orang dan maksimal 10 orang. Setelah mendaftar mereka akan mendapatkan kode booking untuk ke pos pendakian Ranupani Lumajang. Di Ranupani, rombongan pendaki akan dikenakan karcis masuk kawasan taman nasional dan pendakian Gunung Semeru sebesar Rp 4.500 dan asuransi sebesar Rp 2.500.

Sejumlah petugas medis, polisi dan tim SAR akan disiagakan selama upacara berlangsung.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?57952

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Hosana