KabariNews – Indonesian Students Club (ISC/PERMIAS) University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC) menyelenggarakan acara Indonesian Cultural Night/Malam Budaya Indonesia di Lincoln Hall Theatre-UIUC pada 1 November 2014. Seperti dikutip dari siaran pers Kemenlu, Selasa, (4/11), acara Indonesian Cultural Night ini dihadiri oleh sekitar 300 penonton yang terdiri dari perwakilan KJRI Chicago, mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Urbana-Champaign serta mahasiswa, akademisi dan masyarakat setempa‚Äčt.

Mewakili Konjen RI Chicago, Konsul Protokol dan Konsuler menyampaikan apresiasi dan dukungan KJRI Chicago kepada PERMIAS UIUC atas penyelenggaraan Indonesian Cultural Night secara rutin di Urbana-Champaign sejak tahun 1989. Selain itu, kepada para penonton yang hadir juga disampaikan bahwa Indonesian Cultural Night merupakan ajang yang baik untuk mengenal seni-budaya Indonesia. Diharapkan ketertarikan yang terbangun dari acara ini dapat semakin mendorong penonton setempat yang hadir agar mengunjungi dan menikmati langsung keindahan alam dan seni budaya Indonesia.

Sebagaimana penyelenggaraan kegiatan Indonesian Cultural Night sebelumnya, PERMIAS UIUC mengemas acara kali ini dengan baik. Rangkaian pertunjukan dikemas seakan penonton mengunjungi Museum mengenai Indonesia. Para penonton diajak untuk menjelajahi dan mengenali keindahan alam dan kekayaan seni budaya Indonesia dari satu pulau besar ke pulau besar Nusantara lainnya. Dalam hal ini, para penonton berkesempatan untuk menyaksikan penampilan tari Pendet yang diiringi musik gamelan Bali, lantunan lagu tradisional dan modern dengan diiringi musik angklung, tari Saman, serta pertunjukan teatrikal Orang Utan dan kekayaan alam laut Bunaken.

Kegiatan Indonesian Cultural Night yang diselenggarakan oleh Permias UIUC secara umum berlangsung baik dan mendapatkan sambutan meriah dari para penonton yang hadir. Tema kunjungan ke Museum mengenai Indonesia sebagai benang merah pertunjukan terlihat dapat memberikan pengenalan awal mengenai kekayaan dan keindahan alam serta seni budaya Indonesia. Hal ini tentunya baik bagi promosi Indonesia kepada masyarakat setempat di Urbana-Champaign. (1009)