JAKARTA – Chief Executive Officer (CEO) International Development Finance Corporation (DFC) AS, Adam Boehler mengeluarkan pernyataan setelah pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo hari ini di Istana Presiden, Jakarta:

“Indonesia merepresentasikan peluang besar untuk investasi dalam pembangunan berkelanjutan, bertanggung jawab, dan inklusif di seluruh wilayah Indo-Pasifik. Pasar yang luas dan terus tumbuh ini—sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara—adalah pemimpin regional dan mitra penting Amerika Serikat dalam memajukan berbagai tujuan bersama di seluruh wilayah Indo-Pasifik. Lembaga International Development Finance Corporation AS yang baru akan memainkan peran penting dalam mendukung Indonesia, khususnya dengan mengembangkan infrastruktur berkualitas yang membangun fondasi yang kuat untuk tahap pertumbuhan negara selanjutnya,” kata Boehler.

Pernyataan CEO DFC Adam Boehler Setelah Pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (State Dept. Budi Sudarmo)

Dalam pertemuan tersebut, Boehler menyoroti kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia, serta mencatat komitmen pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan infrastruktur penting serta reformasi dalam mengurangi biaya melakukan usaha. Beliau juga menggarisbawahi komitmen DFC untuk mendukung rencana pembangunan infrastruktur Indonesia dengan mengkatalisasi investasi sektor swasta ke dalam proyek infrastruktur yang layak secara finansial, sesuai standar tinggi dalam bidang sosial dan lingkungan hidup, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Boehler dan Presiden Joko Widodo membahas peluang untuk mempercepat agenda infrastruktur Indonesia, termasuk melalui komitmen bersama untuk mengembangkan kualitas transportasi, energi, dan infrastruktur digital guna mendorong konektivitas regional dan global yang lebih besar. Pertemuan tersebut juga membahas kerja sama DFC yang sedang berlangsung dengan mitra-mitra lain untuk mengidentifikasi peluang pembiayaan pembangunan di Indonesia.

###

U.S. International Development Finance Corporation (DFC) adalah bank pembangunan Amerika. DFC bermitra dengan sektor swasta membiayai solusi tantangan terberat yang dihadapi negara berkembang saat ini. Kami berinvestasi di berbagai bidang, termasuk energi, layanan kesehatan, infrastruktur penting, dan proyek-proyek telekomunikasi. DFC juga membiayai usaha kecil dan perempuan pelaku wirausaha untuk menciptakan lapangan kerja di pasar-pasar yang sedang berkembang. Investasi DFC berpatokan pada standar tinggi dan kepedulian terhadap lingkungan hidup, menghormati hak asasi manusia dan hak-hak para pekerja.