Paspor resmi menjadi digital di Finlandia. Dalam program percontohan yang diluncurkan pada hari Senin lalu, penumpang pada penerbangan tertentu akan diizinkan melewati pemeriksaan perbatasan menggunakan Digital Travel Credentials (DTC) daripada harus mengantri untuk menunjukkan paspor mereka.

“Untuk berpartisipasi, wisatawan harus melakukan pra-registrasi sebagai sukarelawan untuk program ini, dan kemudian dapat menggunakannya pada saat keberangkatan dan kedatangan di bandara Helsinki sehingga ini merupakan pertama kalinya paspor digital diterima dalam lingkungan kontrol perbatasan untuk pertama kalinya di dunia,” kata Penjaga Perbatasan Finlandia.

Sebagai proyek uji coba dengan Finnair , polisi Finlandia, dan perusahaan bandara nasional Finavia, penerbang harus warga negara Finlandia yang bepergian dengan penerbangan Finnair ke salah satu dari tiga tujuan di Inggris yaitu London, Edinburgh, atau Manchester.

Meskipun paspor digital akan membantu penumpang mempercepat perjalanan di bandara, paspor digital memerlukan investasi waktu sebelum penerbangan.

Relawan yang tertarik harus memulai dengan mengunduh aplikasi FIN DTC Pilot di Apple App Store atau di Google Play , memastikan fungsi kunci layar ponsel mereka diaktifkan melalui PIN, pengenalan wajah, atau sidik jari sebelum pemasangan.

Kemudian, sebelum penerbangan pertama, mereka harus mendaftar ke polisi Finlandia di layanan izin Kantor Polisi Utama Vantaa. Warga negara perlu membawa paspor mereka yang masih berlaku, yang akan digunakan untuk membuat DTC, dan foto akan diambil untuk digunakan sebagai pengenalan wajah. Mereka juga akan diminta menandatangani formulir persetujuan.

Terakhir, sebelum setiap penerbangan, wisatawan harus mengirimkan data mereka melalui aplikasi 36 hingga empat jam sebelum setiap penerbangan.

Setelah langkah-langkah tersebut dicentang, wisatawan kemudian dapat menggunakan DTC di bandara Helsinki ketika mereka berangkat menggunakan jalur kontrol perbatasan 21 dan kembali menggunakan jalur 19.

Di sana, mereka akan menempelkan paspor mereka pada alat pembaca sementara penjaga perbatasan memeriksa foto mereka. Relawan program masih harus mengikuti instruksi dari otoritas lokal di Inggris.

“DTC adalah versi digital dari paspor fisik dan sama-sama dapat diandalkan,” kata Penjaga Perbatasan Finlandia dalam sebuah pernyataan. “Hal ini memungkinkan penyeberangan perbatasan dengan lancar dan cepat.”

Sumber foto: travelandleisure.com

Sumber foto: