Lima kantor perwakilan Amerika Serikat (AS) di Indonesia menutup pelayanannya mulai Jumat (21/9) sampai waktu yang ditentukan kemudian. Lima perwakilan itu adalah Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Kantor  Perwakilan Amerika Serikat di Medan, Kantor Agen Konsuler Amerika Serikat di Bali dan Misi Amerika Serikat untuk ASEAN. Lima kantor itu akan ditutup mulai hari ini, Jumat (21/9/2012), karena adanya potensi demonstrasi signifikan yang mungkin akan diselenggarakan di depan fasilitas-fasilitas ini.

Kantor Perwakilan Amerika Serikat di Medan malah sudah tutup sejak kemarin, 20 September.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamananya.  Kami sarankan, seperti biasanya, bahwa Anda harus menghindari kerumunan besar dan pertemuan-pertemuan lainnya yang mungkin berujung pada kekerasan. Kami akan terus memantau situasi dan memberikan informasi lebih lanjut, jika diperlukan,” tulis pengumuman di situs resmi Kedubes AS di Indonesia.

Dalam tulisan itu disarankan kepada warga Amerika Serikat yang tinggal dan sedang mengadakan perjalanan di Indonesia, untuk mendaftar dalam Program SMART dan memperbarui informasi mereka masing-masing dengan Kedubes Amerika Serikat Jakarta, Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Kantor Perwakilan Amerika Serikat di Medan atau Kantor Agen Konsuler Amerika Serikat di Bali.

Pendaftaran akan memfasilitasi kontak Misi Amerika Serikat dengan warga negara Amerika dalam keadaan darurat, dan dapat dilakukan secara online sebelum perjalanan dilaksanakan. Informasi tentang mendaftar dengan Program SMART dapat ditemukan di situs Department Luar Negri Amerika Serikat, bagian Konsuler di http://step.state.gov dan di situs Kedubes Amerika Serikat di http://jakarta.usembassy.gov , di mana Anda dapat juga menemukan berita dari Kedutaan yang di keluarkan baru-baru ini untuk publik.

Untuk informasi keamanan terbaru, warga negara Amerika yang tinggal dan bepergian ke luar negeri harus secara teratur memonitor situs Departemen Luar Negri Amerika Serikat, bagian  Konsuler di http://travel.state.gov , dimana berita Worldwide Caution, Travel Alerts, Travel Warnings dan informasi tentang kesehatan lainya dapat ditemukan. Informasi terkini mengenai keamanan juga dapat diperoleh dengan menghubungi 1-888-407-4747 bebas pulsa di Amerika Serikat dan Kanada, atau, untuk penelepon di luar Amerika Serkat dan Kanada, dapat menghubungi nomor 1-202-501 – 4444. Angka-angka ini tersedia dari pukul 8 pagi-8 malam waktu bagian Timur Amerika Serikat, Senin sampai Jumat (kecuali hari libur federal Amerika Serikat).

Sementara itu Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Timur Pradopo menyatakan siap menjamin keamanan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Indonesia, terkait berbagai aksi unjuk rasa di Jakarta soal film “Innocence of Muslims.”

“Ya, tentunya harus dijamin, tidak boleh ada gangguan, apalagi kedutaan. Polri siap menjamin tidak ada gangguan apapun terhadap kedutaan itu,” kata Timur di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat.

Penutupan sementara Kedubes dan Konsulat AS di Indonesia ini terkait protes film Innocence of Muslims yang berbagai kalangan muslim dianggap menghina Nabi Muhammad SAW.  Si pembuat film yang merupakan warga AS. (1002)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49224

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :