KabariNews.com – Tinggal menghitung hari Presiden terpilih 2014 Joko Widodo akan dilantik sebagai presiden ke-7 menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tepatnya Senin, 20 Oktober 2014, pria yang akrab disapa Jokowi itu akan resmi memimpin Indonesia untuk lima tahun mendatang.

Pertama kali di Indonesia, di hari pelantikan presiden ribuan relawan Jokowi-JK akan menggelar arak-arakan dari Gedung MPR menuju Istana Negara. Acara ini diselenggarakan untuk mengatarkan Jokowi-JK ke istana kepresidenan di hari pertamanya bertugas. Bertajuk ‘Syukuran Salam 3 Jari’ berbagai kemeriahan disiapkan, sebagai simbol kedekatan pemimpin dengan rakyatnya.

Prosesi pesta rakyat ‘Syukuran Salam 3 Jari’ dimulai setelah Jokowi-JK selesai menjalani pelantikan di Gedung MPR. Jokowi akan disambut para relawan di Bundaran Hotel Indonesia untuk kemudian diarak menggunakan kereta kencana menuju Istana Negara. Arak-arakan ini akan diselingi dengan penampilan kesenian Reog Ponorogo dan Marching band juga beberapa kesenian daerah lainnya.

Rencananya polisi juga akan mengosongkan jalur Sudirman – Thamrin saat arak-arakan berlangsung. Di sepanjang Bundaran HI – Istana Negara disediakan gerobak-gerobak makanan seperti siomay, bakso, ketoprak dll. Semua makanan tersebut akan diberikan secara gratis untuk masyarakat yang ikut dalam kirab budaya. Acara ini terbuka untuk umum.

Di Monumen Nasional (Monas) panitia juga akan menyesediakan dua buah panggung besar. Berbagai jenis aliran musik akan ditampilkan untuk menghibur masyarakat yang turut mendukung konser ‘Syukuran Salam 3 Jari’. Dipelopori Slank, banyak artis ibu kota yang akan terlibat dalam acara ini. Di puncak acara, sebanyak 14.680 lampion akan dilepaskan ke udara. Pelepasan lampion disimbolkan sebagai harapan-harapan rakyat Indonesia dimasa kepemimpinan Jokowi-JK untuk lima tahun ke depan.

Karena baru pertama kali digelar, acara ini akan dicatatkan di Museum Rekor Indonesia (MURI). MURI merencanakan akan menganugerahkan 3 piagam. Piagam pertama akan diserahkan kepada relawan Jokowi-JK dalam sebagai acara syukuran rakyat terbesar dalam menyambut kepala negara. Piagam kedua yakni rekor pelepasan lampion yang akan diterbangkan dari 31 titik lokasi di seluruh Indonesia. Sedangkan piagam ketiga akan diserahkan kepada Jokowi sebagai presiden yang pertama kali disambut oleh rakyat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?71712

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan