Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan kepada Presiden RI Joko Widodo dan masyarakat Indonesia.

“Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus,”kata Biden dalam keterangan tertulis.

Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak peringatan ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi bersama kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” dan “E Pluribus Unum.”

Moto ini, kata Biden, menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat kita yang beragam.

“Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh. Amerika Serikat merayakan hari yang membahagiakan ini bersama Bapak sebagai sahabat dan mitra strategis,” kata Biden