Kopi saat ini banyak digemari para penikmat kuliner sebagai tren minuman untuk gaya hidup, kesempatan ini banyak dilirik para pelaku bisnis sebagai peluang usaha. Salah satunya adalah Verra Veronica seorang wanita sukses yang sudah malang melintang kiprahnya pada dunia kopi, khususnya kopi Nusantara.

Ia berkisah, “Pada tahun 2015 saat saya study di Eropa, saya melihat bahwa pasar kopi itu sangat menjanjikan dan saya melihat banyak kopi-kopi  Indonesia yang sudah diperkenalkan di masyarakat Eropa, jadi saya berpikir sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya mencoba dan memulai bisnis kopi, buat saya ini momen yang pas,” kenang Verra saat wawancara bersama Kabari di Kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Vera, Kopi memiliki tren minuman yang semakin meningkat untuk 10 tahun kedepan karena sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi masyarakat tanah air.

Verra menjalankan usahanya dengan menawarkan beragam jenis kopi dari mulai kopi Sumatera hingga kopi Papua. Selain itu, kata dia, “Kita juga memiliki jenis-jenis kopi yang dicampur atau yang kita namakan house blend kopi, antara arabika dan robusta atau arabika dari Jawa bercampur arabika Sumatra, “ katanya.

Menurutnya, kopi yang saat ini menjadi populer diminati para pecinta kopi adalah jenis kopi dari Sumatera, karena dinilai memiliki kekuatan bodynya dan kemudian kopi dari daerah Jawa memiliki cita rasa fruity lalu ada kopi dari Papua dan Sulawesi seperti kalosi dan Papua blue balim yang mana kopinya memang memiliki citarasa flowery atau seperti bunga jasmine seperti  teh

Pulau Coffe juga memiliki banyak keistimewaan dengan adanya karakter yang kuat dalam setiap biji kopi melalui proses natural yang ditawarkan.

“Kita benar-benar  memunculkan karakter-karakter yang kuat dalam setiap biji kopi yang kita punya dan proses-proses natural yang kita tawarkan kepada para konsumen kita, dimana akan terdapat rasa flowery kemudian akan ada taste fruity dan juga akan terasa seperti nutty dan rempah-rempah lainnya citarasa Indonesia, “ terang verra.

Verra membangun usaha ini dengan sistim market franchise, karena dinilai bisnis dengan cara ini sangat menjanjikan.

“Saat ini usaha franchise sangat menjanjikan karena memang  pulau kopi memiliki visi menciptakan seribu kopi entrepreneur untuk para UMKM yang ada di Indonesia, jadi sangat menjanjikan sampai 10 tahun ke depan, kita bersama-sama maju bersama para UMKM, “ ungkapnya.

Sejuah ini pulau kopi sudah ada di 30 titik di beberapa tempat baik di Jawa maupun di Sumatra dan Kalimantan.

“Kopi akan menjadi gaya hidup dan juga akan menjadi salah satu minuman favorite pada masyarakat, baik di kalangan anak muda maupun orang tua, jadi kopi sangat menjanjikan sekali sebagai bisnis di kuliner yang akan berkembang  di Nusantara kita ini, “ terang Verra penuh semangat.

Menjalani bisnis ini tentu banyak menemui tantangan dan salah satunya adalah kompetitor, namun bagi Verra tantangan tersebut justru lebih memicu semangat untuk lebih membrikan daya tarik kepada para konsumennya agar lebih tertarik pada varian kopi yang ia tawarkan sebagai pembeda.

“Semakin banyaknya para kompetitor, semakin masukknya kopi-kopi impor di Indonesia akan menciptakan persaingan yang cukup ketat oleh karean kita harus memiliki pembeda, pembeda disini adalah kita harus meningkatkan kualitas dan memiliki karakter-karakter yang unggul dari kopi-kopi Indonesia, “ ungkap Verra.

Menjalankan bisnis ini banyak ditemui suka dan dukanya, seperti misalnya pada sebuah persaingan, namun verra pun gigih untuk menyiasatinya.

“Semakin ramainya kompetisi di dunia kopi, berarti harga pun semakin kompetitif dan bagaimana kita menawarkan suatu produk tersebut memiliki ciri khas sendiri, memiliki pembedanya tapi kita tidak bersaing pada harga, apabila kita bersaing pada harga maka akan terjadi yang namanya persaingan harga yang cukup ketat, “ katanya

menurutnya, dengan menawarkan harga yang semakin murah maka para konsumen pun akan lebih mencari harga ynag lbih rendah seperti yang ditawarkan oleh Pulau Coffe ini.

Ia pun menghadapi kompetitor dengan cara terus mengekplor beragam produk unggulan serta mengembangkan produk baru yang menjadikan ciri khas citarasa kopi dari mulai house blend hingga kopi campuran dan terus kerap mempromosikan beragam varian kopi tanah air.

Selain itu, verra pun ingin mewujudkan impiannya menjadikan usaha franchisenya dikenal hingga mendunia.

“Kami berharap suatu saat pulau coffe adalah salah satu kebanggan produk Indonesia untuk franchise coffe shop yang ada di Eropa, Timur Tengah dan Asia Tenggara,“ katanya.

Pun demikian dengan eksistensi dalam mengembangkan usahanya, verra tetap konsisten denga prinsip usahanya, yakni memiliki integritas yang tinggi terhadap sesuatu yang sudah menjadi pilihannya, tak mudah menyerah dan terus berinovasi.                                                                                                                            

“Dalam usaha kita harus memiliki integritas yang tinggi terhadap sesuatu yang sudah kita pilih, jadi kita tidak boleh mudah menyerah, kemudian inovasi harus kita terus tingkatkan karena persaingan semakin ketat dan selalu tahu bahwa produk unggulan kita adalah produk-produk yang memang memberikan kualitas yang terbaik kepada pelanggan sehingga konsumen tidak merasa dikecewakan dari produk-produk kita, “pungkasnya.