Produsen kopi berbasis Franchise yang dikenal dengan nama pulau coffee kembali menghadirkan varian baru kopi rasa bunga saffron yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Bunga saffron kini ramai dibicarakan di media sosial. Bunga saffron atau kuma-kuma merupakan salah satu jenis rempah-rempah dari bunga Crocus sativus atau (bunga pacar).

Saffron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum seperti rumput kering yang disebabkan zat kimia. Saffron mengandung salah satu bahan pewarna yang membuat makanan menjadi kuning keemasan.

Saffron pertama kali dibudidayakan di sekitar Yunani ini memiliki warna kuning terang saffron menjadikannya sebagai rempah-rempah yang paling banyak dicari orang di dunia. Dalam pengobatan tradisional, saffron digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Demikian seperti dikutip dari HealtLine.

Berikut ini beberapa manfaat bunga saffron bagi kesehatan :

Antioksidan

Saffron mengandung beragam senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan – molekul yang melindungi sel Anda dari radikal bebas dan stres oksidatif. Antioksidan saffron terkenal termasuk crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Meningkatkan Mood dan Gejala Depresi

Saffron dapat direkomendasikan sebagai pengobatan untuk depresi. Saffron dapat membantu mengobati gejala depresi ringan hingga sedang.

Easy to Add to Your Diet (Dapat dijadikan bahan pendamping menu diet)

Dalam dosis kecil, Saffron memiliki rasa dan aroma yang halus dan berpasangan dengan hidangan gurih, seperti paella, risotto, dan hidangan nasi lainnya. Cara terbaik untuk mengeluarkan rasa unik saffron adalah dengan merendam benang dalam air panas – tapi jangan sampai mendidih. Tambahkan benang dan cairan ke resep Anda untuk mendapatkan rasa yang lebih dalam dan kaya.

Dapat Mengurangi Nafsu Makan dan Membantu Penurunan Berat Badan

Ngemil adalah kebiasaan umum yang dapat membuat Anda berisiko mengalami kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Menurut penelitian, kunyit dapat membantu mencegah ngemil dengan mengekang nafsu makan Anda.

Dapat menurunkan kadar gula darah

Saffron dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Dapat Melawan Kanker

Saffron kaya akan antioksidan, yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya. Kerusakan radikal bebas telah dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker.

Verra Veronica selaku owner dari Pulau Coffee mengatakn alasan memilih saffron yang dipadukan dengan kopi jenis Arabica untuk menjadi cita rasa baru.

“Kami melihat sesuatu ide yang inovatif apabila kopi arabica asli Indonesia dipadukan dengan safron akan memiliki citra rasa khas yang unik. Saffron memiliki aroma yg khas sedangkan beberapa kopi variant arabica dari Indonesia banyak yang memiliki tasting notes flowery atau mendekati rasa teh, yang tepat dipadukan dengan bunga saffron,” terang Verra.

Selain itu, sambung dia, “Saat ini Saffron mulai diminati masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang peduli dengan bahan-bahan natural alami. Saffron memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh sama hal nya seperti kopi, “ imbuhnya.

Pulau Coffee menghadirkan kopi dengan cita rasa bunga Saffron mendapat respon positif  bagi pelanggannya. Kopi rasa bunga Saffron ini dibandrol dengan harga 75.000 ribu rupiah setiap kemasannya dengan berat 100 gram.

Mendapat respon spositif dari konsumen mengenai cita rasa baru kopi dengan bunga saffron, Verra, mengaku banyak sebagaian pelanggannya mengetahui manfaat dari bunga saffron salah satunya adalah dapat meningkatkan imun tubuh.

“Seperti kita ketahui, menyeduh bunga Saffron hanya dibutuhkan 2-3 helai saja untuk 100ml air hangat. oleh karenanya setiap seduhan yang dicampur dengan kopi tidak memerlukan banyak helai bunga Saffron,” katanya.

Pun demikian, kehadiran cita rasa baru kopi berpadu dengan bunga saffron, Verra meyakini optimis mampu menarik perhatian konsumen pecinta kopi, terutama para pecinta kopi dengan proses natural dan honey.

“Kopi yang kami ciptakan kali ini adalah kopi dengan proses pemanggangan biji kopi light to medium dimana biji kopi yang kami pilih adalah proses honey dan natural. Sehingga cita rasa yang dimiliki biji kopi tersebut lebih mengarah ke rasa earl grey, jasmine, flowery dan fruitness“, sangat tepat apabila ditambahkan dengan bunga Saffron,” pungkasnya.