KabariNews – Pusat kebudayaan Amerika Serikat (AS), @america di Jakarta merayakan hari jadinya yang ke- 5 pada Rabu, (2/12). Resmi didirikan pada Desember 2010, @america mempunyai tujuan untuk mengenalkan Amerika Serikat melalui diskusi, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran.

Pusat kebudayaan ini adalah yang pertama kali di dunia yang dibangun dengan teknologi canggih. Pengunjung bisa mengakses informasi melalui layar sentuh berukuran lebar, penggunaan ipad dan jaringan wifi secara cuma-cuma, panggung pertunjukan dengan layar presentasi, layar live tweeting, dan mesin Google Earth ukuran raksasa yang disebut Liquid Galaxy yang memungkinkan pengunjung mengeksplorasi seisi bumi, antariksa, hingga kedalaman laut. Mesin Google Earth raksasa di @america.

Wakil Duta Besar AS di Jakarta, Brian McFeeters di sela-sela pidato pembukaan perayaan ulang tahun @america ke-5 mengatakan, selama lima tahun berdiri, lebih dari 3.000 acara di @america yang diselenggarakan hampir setiap harinya. Dan sampai saat ini sudah ada ribuan orang yang mengunjungi pusat kebudayaan @america.

“@america merupakan lokasi orang Indonesia, khususnya kalangan anak muda bisa bertemu pejabat, ahli AS termasuk bidang lingkungan dan mengadakan acara di sini. Selain musik, @america juga menayangkan film, olahraga, isu lingkungan, hingga fauna seperti penyu dan orang utan” kata Brian McFeeters.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur @america, Karen P Schinnerer mengatakan tempat ini sekaligus menjadi tempat berbagi pengalaman hingga kehidupan di AS. Sehingga, misi @america tercapai yaitu eksplorasi (explore), pengalaman (experience), dan menyatakan (express). ‘’Explore tentang AS, Experience AS, dan express pengalamannya,’’ kata Karen. (1009)